London – Manajer The Gunner Arsene Wenger mengaku tak setuju dengan bonus juara Liga Europa berupa tiket lolos ke Liga Champions musim berikutnya. Mengapa?

The Gunners mesti berlaga di kompetisi antarklub Eropa kasta kedua itu setelah finis kelima di Premier League 2016-17. Sedangkan Red Devils, yang finis di urutan enam, akan kembali ke Liga Champions musim depan usai tampil sebagai juara Liga Europa musim lalu.

Wenger menentang aturan ini karena Liga Europa biasanya dimenangi oleh tim-tim yang terdepak dari Liga Champions, dan kemudian berlaga lagi di sana. Menurut dia, klub-klub yang memiliki peluang lolos dengan cara demikian akan mengurangi motivasi untuk bertarung di liga.

“Saya selalu menentangnya,” ucap Wenger di Mirror. “Karena selain Manchester Unted, yang menjuarai Liga Europa, tahun-tahun sebelumnya selalu (juara) sebuah tim yang terdepak dari Liga Champions.”

“Anda tidak bisa memulai musim dan memikirkan bahwa (Anda akan memulai Liga Champions dengan menjuarai Liga Europa). Saya selalu tidak setuju, karena saya pikir di fase tertentu hal itu akan memengaruhi kejuaraan.”

“Kalau sebuah tim di bulan April berada di dalam posisi di mana mereka memiliki peluang lebih besar untuk memenangi Liga Europa mereka akan melepaskan beberapa pertandingan di kompetisi, dan tidak sepenuhnya fokus di situ, di kompetisi yang ajeg.”

Di Liga Europa, The Gunner ditempatkan sebagai salah satu unggulan teratas dan akan mengetahui nasibnya dalam drawing yang akan digelar 25 Agustus.

(rin/nds)


NO COMMENTS