Turin – Gianluigi Buffon dianggap pantas mendapatkan trofi Ballon d’Or. Bukan hanya karena performa Juventus musim ini, melainkan konsistensinya di level teratas selama bertahun-tahun.

Buffon meski sudah berumur 39 tahun terbukti tetap tampil oke. Baik di klubnya Juve maupun Timnas Italia, Buffon masih tetap nomor satu dan tidak ada yang bisa menggeser meski bermunculan kiper-kiper muda potensial.

Mereka-mereka harus menunggu Buffon pensiun dulu, yang sampai saat ini belum diketahui kapan akan terjadi, sebelum nantinya bisa mengisi penjaga gawang utama di klub maupun timnas.

Bukan soal performa, Buffon dipuji juga berkat kesetiaannya untuk terus bersama Juve meski klub Turin itu degradasi ke Serie B karena kasus pengaturan skor.

Itulah mengapa atas pencapaiannya dalam sedekade terakhir plus performa ciamiknya, Buffon rasanya pantas mendapat Ballon d’Or yang selama ini belum didapat penjaga gawang.

“Saya tidak sepakat dengan yang orang-orang katakan bahwa Buffon harus mendapat Ballon d’Or karena apa yang sudah diraihnya – dia pantas mendapatkan itu karena level permainan yang ditunjukkannya,” ujar bek Juve, Giorgio Chiellini, seperti dikutip Soccerway.

“Saya beruntung bisa bermain sebagai bek di depannya hampir sepanjang karier saya, dan saya tidak bisa membayangkan seperti apa tanpa dia yang membuat penyelamatan sulit terlihat mudah,” sambungnya.

Buffon akan mencoba mendapat trofi Liga Champions pertamanya akhir pekan ini saat menghadapi Real Madrid di final. Pada dua kesempatannya di tahun 2003 dan 2015, Buffon digagalkan AC Milan serta Barca.

()


NO COMMENTS