Roma – AS Roma tak banyak menciptakan peluang kala menjamu Shakhtar Donetsk. Tapi sedikit saja sudah cukup untuk Giallorossi.

Roma cuma menorehkan tiga tembakan tepat target kala menghadapi Shakhtar di Olimpico, Rabu (14/3/2018) dinihari WIB. Total ada 10 upaya yang dilepaskan tuan rumah.

Dari sedikit tembakan tepat target itu, Roma berhasil mencetak satu gol. Gol Edin Dzeko tersebut memastikan mereka lolos ke perempatfinal berbekal gol tandang dalam agregat 2-2.

Roma sempat kesulitan khususnya di babak pertama. Shakhtar menekan dengan baik sehingga Dzeko dkk. tak nyaman membangun serangan. Namun sebuah kesalahan yang ditunggu-tunggu dari tim tamu datang, kala bek Shakhtar terlambat naik untuk membuat Dzeko dalam posisi offside.

Kesempatan itulah yang menjadi gol. Sebagai catatan, seluruh tiga tembakan on target Roma dicatatkan di babak kedua. Sementara Shakhtar sendiri dalam perjalanannya juga tak mampu menembus penjagaan Roma, gagal menorehkan satupun tembakan mengarah ke gawang.

Eusebio Di Francesco memuji fokus para pemainnya. Meski kesulitan, timnya siap saat harus memanfaatkan kesalahan lawan.

“Tim saya bermain dengan fokus malam ini, mungkin secara kualitas di sepertiga akhir tak sebaik itu, tapi kami tahu cepat atau lambat mereka akan melakukan sebuah kesalahan dan kami akan menerkamnya,” ungkapnya kepada Mediaset Premium.

“Kami membuat sedikit terlalu banyak kesalahan di leg pertama dan mereka memaksimalkannya. Yang paling saya suka adalah melihat para pemain di ruang ganti, karena kemenangan ini diraih orang sekumpulan pria sejati dan sebuah grup yang maju bersama-sama.”

“Dalam hal organisasi, saya rasa kami kini lebih baik dan kami melatih sejumlah skema permainan juga. Kami seharusnya bisa memotong lebih banyak umpan mereka untuk mengirim para bek sayap ke depan di babak pertama.”

“Kalau Anda mau pendapatat soal sikap mereka, saya akan memberi nilai 10. Tentu dalam hal teknik, saya akan memberikan 6,5 tapi secara taktik mereka sudah mencoba apa yang saya minta, meski tak selalu di waktu yang tepat. Itu adalah hal-hal yang dipelajari seiring waktu,” tandas Di Francesco.

[Gambas:Video 20detik]

(raw/mfi)



NO COMMENTS