Jakarta – Ada dua tim yang akan menjalani debut di fase grup Liga Champions, yakni Qarabag dan RB Leipzig. Berikut sekilas mengenai kiprah kedua tim dengan koefisien paling rendah di antara 32 tim putaran utama tersebut.

RB Leipzig, yang baru berdiri delapan tahun lalu, berhak menjadi debutan di fase grup Liga Champions berkat performa impresifnya musim lalu. Tampil mengejutkan di Bundesliga, Die Bullen berhasil finis kedua di Bundesliga 2016/2017.

Pencapaian tersebut melanjutkan petualangan istimewa RB Leipzig yang sebenarnya juga baru menjalani musim debutnya di Bundesliga pada musim 2016/2017 tersebut.

Dibandingkan RB Leipzig, jalan Qarabag menuju fase grup Liga Champions musim ini jauh lebih berliku. Jawara Liga Azerbaijan selama empat musim terakhir itu harus melewati sejumlah tantangan untuk bisa sampai ke tempatnya sekarang.

Sebagai kampiun di liganya, Qarabag cuma berhak dapat tiket ke fase kedua kualifikasi Liga Champions (dari total tiga fase kualifikasi yang ada). Secara keseluruhan, ada tiga fase yang harus dilewati klub yang berusia 66 tahun itu.

Qarabag pertama-tama melibas Samtredia dari Georgia dengan agregat 6-0. Setelah itu wakil Moldova Sheriff Tiraspol yang disingkirkan dengan agregat 2-1.

Qarabag memerlukan keuntungan bikin gol tandang atas FC Copenhagen (Denmark), saat berimbang agregat 2-2, untuk melewati playoff yang menjadi fase terakhir menuju putaran utama Liga Champions musim ini.

Keberhasilan Qarabag tersebut bukan cuma membuat mereka menjadi satu dari dua debutan fase grup Liga Champions melainkan juga wakil Azerbaijan pertama yang tampil di fase grup ajang tersebut.

Kini RB Leipzig dan Qarabag akan menanti siapa saja yang akan jadi lawan mereka dalam petualangan perdana di fase grup Liga Champions, dengan proses pengundian dilakukan Kamis (24/8/2017) malam WIB.

UEFA.com mencatat bahwa RB Leipzig dan Qarabag sama-sama berada di Pot 4, pot non-unggulan, dalam pengundian nanti. Sebagai catatan, keduanya juga punya koefisien paling rendah di antara tim-tim lain di babak ini; Qarabag 18.050 dan RB Leipzig 15.899.

(krs/mrp)


NO COMMENTS