Jakarta – Jika Catalunya lepas dari Spanyol, The Catalans tak diperkenankan main di La Liga. Situasi tersebut tidak diinginkan oleh Zinedine Zidane.

Minggu (1/10/2017) besok warga Catalunya akan melakukan referendum. Mereka bakal memilih apakah terus bergabung dengan Spanyol atau memisahkan diri memilih merdeka.

Jika akhirnya Catalunya benar-benar memisahkan diri dari Spanyol, The Catalans dan klub-klub asal Catalunya lain, sudah diperingatkan tidak akan bisa bermain di La Liga. Sebuah kondisi yang tidak terbayangkan oleh banyak pihak lantaran The Catalans adalah klub terkuat dan tersukses di Spanyol selain Real Madrid.

[Baca Juga: Jika Catalunya Merdeka, Barcelona Bisa Didepak dari La Liga]

Ketiadaan The Catalans di La Liga disebut-sebut akan merugikan kedua pihak. Kompetisi menjadi tidak seru karena El Real akan menjadi penguasa tunggal, dan di sisi lain Barca akan dipusingkan karena tidak jelas di mana akan berkompetisi.

Saat ditanya wartawan soal hal tersebut, Zidane beberapa waktu lalu berharap kondisi tersebut tak sampai terjadi.

“Itu perdebatan yang rumit (soal Catalunya). Apa yang saya lihat dan saya harapkan adalah itu tidak terjadi: kompetisi liga tanpa The Catalans. Saya tidak menginginkan itu,” cetus Zidane dikutip dari Guardian.

Pemerintah Spanyol tegas melarang referendum tersebut dan mengategorikannya sebagai tindakan inkonstitusional. Pemerintah Spanyol juga sudah memerintahkan kepolisian melarang digelarnya referendum.

(din/nds)


NO COMMENTS