Paris – Bagi Raphael Varane, kesuksesan Real Madrid tak lepas dari atmosfer positif di dalam tim. Dia menyebut tiga pemain senior yang punya pengaruh besar dalam membangun mental tim.

Madrid mengakhiri musim 2016/2017 dengan dua gelar juara. Sukses di level domestik dengan menjuarai La Liga, Los Blancos juga merajai Eropa dengan menjaga gelar Liga Champions.

Menurut Varane, ada tiga pemain senior yang berperan besar dalam membangun mental juara tim. Pengalaman Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos, dan Marcelo jadi kunci atmosfer positif di dalam tim.

“Mereka yang sudah menciptakan atmosfer santai dan juara adalah Cristiano Ronaldo, Ramos, dan Marcelo,” ujar Varane kepada France Football seperti dilansir Marca.

Varane juga memuji ketenangan Zidane dalam menangani Madrid.

“Kesuksesan (Zidane) berasal dari keberhasilannya menularkan ketenangan dan tidak pernah mengubahnya apapun yang terjadi. Ketenangan itu memberikan rasa aman dan kepercayaan diri. Dia tak banyak bicara, tapi ketika dia bicara, itu penting,” lanjut Varane.

“Saya suka bagaimana dia bertindak diam-diam di momen-momen penting, sangat berbeda dengan Jose Mourinho,” kata bek internasional Prancis itu.

(nds/mfi)


NO COMMENTS