Valencia – Bukan Real Madrid atau Atletico Madrid yang sejauh ini menjadi pesaing terdekat Barca. Melainkan Valencia, yang masih melanjutkan start mulusnya.

Valencia terus menunjukkan konsistensi di awal musim La Liga sejauh ini. Los Che sampai 10 pekan berlalu sudah membukukan tujuh kemenangan dan tiga kali setara, alias belum terkalahkan.

Mereka jadi satu dari tiga tim di liga yang belum menelan kekalahan, bersama Barca dan Atletico. Yang tak ant menang mengesankan, enam dari tujuh kemenangan mereka sejauh ini dipetik secara berurutan di enam laga terakhir.

Yang terbaru, mereka mengandaskan Alaves 2-1 pada Sabtu (28/10/2017) lalu. Melihat laju impresif skuat besutan Marcelino Garcia Toral ini, bisa dibilang salah satu kekuatan mereka adalah ketajaman lini serangnya. Valencia sudah bikin 27 gol sampai kini, hanya ant menang satu gol dari Barca yang jadi tim terproduktif.

Menempati posisi dua sementara, Valencia punya 24 poin. Mereka empat angka di belakang Barca. Torehan 24 poin ini menjadi rekor start terbaik ‘Si Kelelawar’ dalam 10 pekan pertama.

Sebelumnya start terbaik Valencia adalah 23 poin dalam 10 pekan, yang dicatatkan di musim 2003/2004, 2008/2009, dan 2014/2015. Demikian seperti dilansir situs resmi Valencia.

Terkait start cemerlang ini, Marcelino menyerahkan seluruh kredit untuk para pemainnya. Dia juga membenarkan capaian ini di luar dugaan, mengingat 10 pekan pertama diwarnai laga-laga sulit seperti menghadapi Madrid, Atletico, Real Sociedad, Athletic Bilbao, dan Sevilla.

“Kami sebelumnya tak memperkirakan bisa memetik poin sebanyak ini, tak terkalahkan di 10 pertandingan, mempertimbangkan bahwa ketika kami melihat jadwalnya di bulan Juli lalu itu terlihat berat,” ujar Marcelino di situs resmi klub, usai mengatasi Alaves.

“Ini tercapai berkat kerja bagus para pemain ini, grup ini, dan rangkaian sepakbola yang bagus yang menempatkan kami ke situasi yang tak terduga, tapi juga layak kami dapatkan.”

“Bagian sulitnya adalah bermain sepakbola, itu hal tersulitnya. Mereka para pemain yang memberikan pertunjukan, membawa kegembiraan, pekerjaan, yang bersinar di lapangan, dan itu yang membuat para penggemar luar biasa senang dengan level performa dan gaya permainan mereka,” imbuhnya.

Striker Valencia Rodrigo Moreno mengingatkan rekan-rekan setimnya untuk terus bersikap rendah hati, demi bisa melanjutkan tren positif mereka.

“Batas atasnya terletak di laga berikutnya. Kami sungguh berada di laju positif, tapi kami harus terus rendah hati dan saling mendukung, yang mana membuat kami mencapai hal-hal besar,” tandasnya.

Valencia berikutnya menghadapi dua partai yang relatif tak sulit-sulit banget, melawan Leganes dan Espanyol, sebelum menjamu Barca di akhir bulan. Bisa lanjut tak terkalahkan, Valencia?

(raw/cas)


NO COMMENTS