The Catalans – Dari 17 laga The Catalans di La Liga 2017/2018 sejauh ini, ada tiga pemain yang rutin tampil. Ketiganya dapat disebut sebagai tiga pemain kunci Ernesto Valverde.

Ketiga pemain yang rutin tampil itu adalah Lionel Messi, Marc-Andre ter Stegen, dan Ivan Rakitic. Mereka turut membantu Blaugrana menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di La Liga musim ini. Saat ini Barca bercokol di puncak klasemen dengan poin 45 dari 17 laga.

Dari 17 pertandingan La Liga tersebut, Messi dan Ter Stegen bahkan selalu bermain penuh. Mereka menorehkan 1.530 menit penampilan.

Keputusan Ernesto Valverde untuk terus memainkan Messi di La Liga tentu tak usah dipertanyakan lagi. Pemain asal Argentina itu sudah dikenal sebagai nyawa lini serang Blaugrana.

Messi juga punya kontribusi besar di musim ini. Dia menjadi pemimpin daftar top skor La Liga dengan 15 gol dan pembuat enam assists, yang terbanyak di tim. Messi juga tercatat sebagai pemain yang paling banyak melepaskan tembakan dengan total 108 shots.

Selanjutnya ada Ter Stegen, yang merupakan penjaga gawang paling sedikit kebobolan di La Liga musim ini. Dia baru tujuh kali memungut bola dari gawang sendiri dan 50 kali melakukan penyelamatan.

Di belakang Messi dan Ter Stegen, ada Rakitic yang sudah main selama 1.363 menit di liga. Dia mencatatkannya dari 15 kali sebagai starter dan dua sebagai pemain pengganti.

Kehadiran Rakitic membuat kerja Sergio Busquets di lini tengah tampak seperti lebih mudah. Pemain asal Kroasia itu bisa membantu menambal celah lebar di tengah yang sejak musim lalu ditanggung sendiri oleh Busquets.

Rakitic sejauh ini menjadi pemin terbanyak kedua di tim yang melakukan umpan. Dia sudah mendistribusikan 1.132 umpan, tunduk 36 umpan dari Busquets dan mengemas tiga assists.

Musim lalu, Rakitic tidak mendapat kontinuitas yang lebih baik dari Luis Enrique. Dari 17 laga awal La Liga 2016/2017, dia cuma main penuh sebanyak enam kali dan tak bermain sebanyak lima kali.

Rakitic sejauh ini baru satu kali absen membela Barca. Itu terjadi di babak keempat leg kedua Copa del Rey melawan Real Murcia.

(ran/krs)


NO COMMENTS