Madrid – Sebuah gol dari Nacho Fernandez membuka skor dalam kemenangan Real Madrid atas Sevilla. Gol dari tendangan bebas itu menjadi sorotan dan memicu kontroversi.

Madrid unggul 4-1 saat menjamu Sevilla di Santiago Bernabeu, Senin (15/5/2017) dinihari WIB. Nacho membuka keunggulan Los Blancos, lalu Cristiano Ronaldo mencetak dua gol diikuti satu gol dari Toni Kroos. Sevilla cuma mampu membalas sekali lewat Stevan Jovetic.

Yang kemudian menjadi perbincangan adalah bagaimana Madrid mendapatkan gol pertama yang ditorehkan Nacho. Saat itu laga berjalan 10 menit dan Madrid mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Sevilla, usai Marco Asensio diganjal Daniel Carrico.

Nah, saat para pemain Sevilla sedang bersiap menghadapi situasi tendangan bebas, termasuk penjaga gawang Sergio Rico, tiba-tiba Nacho menyepak bola dan masuk ke gawang. Tanpa didahului peluit wasit, tanpa tanda apapun.

Tapi wasit Alberto Undiano Mallenco pun mengesahkannya, meski para pemain Sevilla sempat melakukan protes. Lantas apakah yang dilakukan Nacho itu melanggar aturan karena tim bertahan belum siap?

Pada dasarnya tendangan bebas langsung, seperti yang terjadi dalam kasus Nacho, bisa dilakukan dengan dua cara: bisa dieksekusi dengan cepat atau meminta wasit mengatur pagar pemain lebih dulu.

Eksekusi cepat bisa dilangsungkan apabila tak ada keadaan mendesak seperti pemain yang butuh perawatan karena cedera, pergantian pemain, atau pemberian kartu. Sementara untuk pilihan kedua, tim yang berhak meminta pagar pemain pun bukan tim yang bertahan, melainkan tim yang menyerang alias yang mendapatkan tendangan bebas.

Nah, yang terjadi di pertandingan Madrid vs Sevilla, Nacho menyadari tak ada rekannya yang meminta wasit mengatur pagar pemain dari Sevilla. Maka dia pun mengeksekusi langsung dan wajar apabila wasit mengesahkannya.

Sebenarnya banyak pemain yang sudah menyadari potensi dari situasi-situasi macam ini. Maka seringkali jika terjadi pelanggaran dengan tendangan bebas langsung, satu pemain dari tim bertahan akan mendekat ke bola dan berdiri di depannya. Ini dilakukan untuk memaksa tim yang menyerang meminta wasit mengatur pagar pemain.

Mantan wasit FIFA asal Spanyol Iturralde Gonzalez menegaskan yang dilakukan Nacho sah, sebagaimana pernyataannya dikutip AS.

“Gol Real Madrid (Nacho) sah, karena permintaan pengukuran jarak antara bola dengan pagar pemain datang dari tim yang menyerang, bukan tim yang bertahan,” ungkapnya.

“Kalau tak ada permintaan itu, tim yang menyerang bebas mengeksekusi sesuka mereka, asalkan selalu diambil dari tempat yang benar dan bola tidak bergerak ketika ditendang, sebagaimana yang terjadi di tendangan bebas Nacho.”

(raw/raw)


NO COMMENTS