Jakarta – Lionel Messi belum memperpanjang kontraknya di The Catalans. Hal tersebut memunculkan rumor bahwa Manchester City berniat menebus klausul pelepasan sang pemain senilai Rp 4,7 triliun.

Wakil Presiden The Catalans, Jordi Mestre, mengklaim kalau Messi sebenarnya sudah sepakat dengan kontrak baru yang ditawarkan. Namun hingga kini pesepakbola asal Argentina itu belum juga membubuhkan tanda tangannya.

Disebutkan kalau Messi menunggu The Catalans mendatangkan pemain baru di bursa transfer ini sebelum meneken kontrak. Sepeninggal Neymar ke Paris Saint Germain, The Catalans belum juga mendapat pemain yang diincar.

Ganjalan dalam penandatanganan kontrak baru jadi peluang untuk mengangkut Messi keluar dari Camp Nou. Media-media Eropa ramai memberitakan kalau Manchester City benar-benar tertarik mendapatkan Messi di musim panas ini.

Klausul pelepasan Messi memang luar biasa mahal, senilai 300 juta euro atau setara dengan Rp 4,7 triliun. Tapi berkaca pada apa yang terjadi pada Neymar, menebus buyout clause Messi bukan hal yang mustahil.

Keberadaan Josep Guardiola dan Sergio Aguero disebut menjadi nilai tambah City dalam upaya mendatangkan Messi. Hal lain yang bisa menyorong Messi gabung The Citizens adalah kondisi internal klub kurang oke.

Itu terkait kritik yang dilontarkan Neymar tentang buruknya manajemen Barca. Neymar menyebut Barca di bawah Presiden Josep Maria Bartomeu lebih mementingkan uang ketimbang prestasi. Faktanya, sejak trio MSN terbentuk, Barca memang tidak pernah lagi membeli pemain yang benar-benar bagus.

[Gambas:Instagram]

Jika benar City mau membayar 300 juta euro untuk menebus klausul pelepasan Messi, itu akan menjadi lompatan besar dalam rekor transfer pemain.

Tahun lalu nilai pemain termahal dunia ‘baru’ berada di angka 89 juta poundsterling saat Red Devils memboyong Paul Pogba dari Juventus. Beberapa pekan lalu nilainya naik dua kali lipat lebih saat Neymar diboyong PSG.

Entah ada kaitannya atau tidak, akun Instagram Messi beberapa hari lalu mulai mem-follow akun Instagram Manchester City.

Kepindahan Messi ke City, jika benar terjadi, bukan hanya akan mengejutkan terkait nilainya. Tapi juga karena sosok Messi yang dinilai sebagai salah satu dari dua pesepakbola terbaik di dunia saat ini bersama Cristiano Ronaldo. Dengan segala keajaiban yang sudah dibuatnya di atas lapangan, messi adalah ikon dan sudah dianggap sebagai legenda The Catalans.

Akankah kepindahan itu terlaksana dan bursa transfer sepakbola kembali terguncang dibuatnya?

(din/fem)


NO COMMENTS