Santos – Paulinho memang tak lepas dari kritik usai kepindahannya ke Barca. Tapi, Paulinho diramalkan bakal bisa menjawab keraguan lewat performanya.

Paulinho dibeli dari Guangzhou Evergrande dengan banderol 40 juta euro yang menjadikannya salah satu pemain termahal klub itu. Tapi kedatangan Paulinho itu juga bukannya tanpa kritik.

Barca diserang habis karena dianggap melakukan pembelian yang sia-sia. Selain sudah berumur 29 tahun, Paulinho juga dianggap gagal saat periode pertamanya di Eropa bersama Tottenham Hotspur tahun 2013 hingga 2015.

Meski tampil oke di Guangzhou, tetap saja Liga Super China levelnya jauh berada di kompetisi Eropa. Belum lagi fakta kalau Barca sebenarnya sudah punya gelandang-gelandang yang setipe dengan Paulinho dan lebih muda.

Terkait kritik kepada Paulinho, legenda sepakbola Brasil Pele tidak sepakat. Pele bahkan meyakini Paulinho bisa menjawab keraguan lewat performa apik di lapangan.

“Saya rasa Barca sedang dalam transisi tapi Paulinho akan mengejutkan banyak orang lewat kekuatan serta karakternya,” ujar Pele kepada Marca.

“Sebelum dia pindah ke Barca, dia bermain di China, tapi dia banyak mendapat tawaran – Jerman, Italia,” sambungnya.

“Sayangnya dia memilih ke China dan penting untuk diketahui bahwa pemilik lah yang memutuskan pemain mana yang Akan dijual karena merekalah yang akan menjual.”

“Kadang jika Anda berpikir ‘Loh, kenapa dia bermain di sana (China) ketimbang Spanyol, Argentina – dia mungkin tidak bagus tapi bisa saja karena dia tidak punya banyak pilihan,” papar Pele.

“Kasusnya berbeda dengan saya karena saya tidak ingin meninggalkan Brasil, saya hanya ingin mempromosikan sepakbola,” tutup Pele yang cuma memperkuat satu klub asing, New York Cosmos, selama kariernya.

(mrp/fem)

NO COMMENTS