Las Palmas – Barca menjaga posisinya di puncak klasemen usai unggul 4-1 atas Las Palmas. Neymar menjadi bintang kemenangan Barca dengan mencetak hat-trick.

Barca butuh kemenangan untuk terus memelihara peluang juara. Sampai pekan 36, Barca dan Madrid masih bersaing ketat dalam perebutan gelar.

Melawat ke markas Las Palmas di jornaa 37 di Estadio de Gran Canaria, Senin (15/5/2017) dinihari WIB, Barca sudah menekan sejak awal pertandingan. Barca akhirnya menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 lewat gol Neymar dan Luis Suarez.

Las Palmas sempat memperkecil ketertinggalan lewat Pedro Bigas di babak kedua. Tapi Neymar mencetak dua gol untuk memantapkan kemenangan Barca.

Dengan hasil ini, Barca masih memimpin klasemen dengan 87 poin dari 37 pertandingan. Mereka unggul head-to-head atas Real Madrid yang punya jumlah poin sama. Namun Madrid masih punya satu laga tunda.

Sementara itu, Las Palmas tertahan di urutan 14 dengan 39 poin.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Barca langsung menyerang sejak menit-menit awal. Tekanan yang dilancarkan Barca nyaris berbuah gol di menit keenam saat Lionel Messi menanduk bola hasil sepak pojok Neymar. Tapi bola sundulan Messi masih melambung.

Barca menyerang dari sisi kiri lewat Jordi Alba yang kemudian mengirim umpan ke muka kotak penalti. Messi menyambutnya dengan tendangan keras, namun masih diblok pemain Las Palmas.

Barca akhirnya membuka keunggulan di menit ke-25. Luis Suarez menerima umpan terobosan Andres Iniesta dan menggiring bola ke dalam kotak penalti. Suarez kemudian mengoper kepada Neymar dan dituntaskan oleh pemain asal Brasil itu menjadi gol.

Hanya berselang dua menit, Barca kembali mencetak gol. Kali ini giliran Suarez yang menuliskan namanya di papan skor setelah memaksimalkan umpan terobosan dari Neymar.

Las Palmas bukan tanpa peluang. Ivan Rakitic kehilangan bola dan Kevin Prince Boateng langsung memaksimalkannya. Namun penyelesaian akhir Boateng masih melebar dari gawang.

Memasuki babak kedua, Las Palmas masih berupaya untuk memangkas ketertinggalan. Boateng kembali dapat peluang lewat tendangan first time, tapi masih melebar. Sedangkan tendangan bebas Momo masih melambung di atas mistar gawang Barca.

Jese Rodriguez juga menyia-nyiakan sebuah peluang bagus untuk Las Palmas di menit ke-60. Menerima bola dari Momo, Jese tinggal berhadapan dengan Marc Andre Ter Stegen. Tapi tendangan Jese digagalkan oleh Ter Stegen.

Usaha Las Palmas untuk mencetak gol akhirnya membuahkan hasil di menit ke-63. Pedro Bigas memotong bola operan Iniesta dan langsung melakukan tekanan. Bigas kemudian mengoper kepada Momo yang bergerak di sisi kanan dan mengoper kembali kepada Boateng yang masuk ke kotak penalti. Bigas menuntaskan serangan itu dengan menyambar umpan dari Boateng.

Tapi Nemyar mengembalikan keunggulan dua gol Barca empat menit kemudian. Umpan silang Rakitic dari sisi kanan ke arah tiang jauh diteruskan Neymar menjadi gol untuk mengubah skor menjadi 3-1.

Neymar melengkapi trigolnya di menit ke-71. Dia menuntaskan umpan terobosan Alba dari sisi kiri.

Di menit-menit akhir laga, Barca masih berupaya menambah gol lewat tendangan keras Messi. Tapi Varas masih bisa mengalau bola.

Susunan Pemain

Las Palmas: Varas; Michel, Lemos, Bigas, Lopes; Montoro; Momo (Halilovic 72′), Mesa (Hernan 78′), Viera (Castellano 85′), Jese; Boateng

Barca: Ter Stegen; Marlon, Digne (Gomes 58′), Umtiti, Alba; Rakitic (Denis Suarez 79′), Busquets, Iniesta; Messi, Suarez (Alcacer 79′), Neymar

(nds/cas)


NO COMMENTS