Judi Bola – Liga-liga di tanah Eropa sudah memasuki periode akhir. Lionel Messi punya peluang besar meraih Sepatu Emas Eropa untuk yang keempat kalinya.

Dengan kompetisi La Liga tinggal menyisakan satu pertandingan lagi, Messi saat ini sudah membuat 35 gol di liga. Dengan jumlah gol tersebut Messi kini mengumpulkan total 70 poin di klasemen European Golden Shoe.

Messi unggul delapan angka atas Bas Dos (62 poin) yang kini jadi pesaingnya, setelah dia melesakkan 31 gol sejauh ini. Sama seperti Messi, Bas Dos cuma punya sisa satu pertandingan di Liga Portugal.

Simak Juga : Xavi Juga Doakan Buffon Angkat ‘Si Kuping Besar’ | Berita Bola Terbaru

Itu artinya, Bas Dost butuh melesakkan lima gol saat menghadapai Chaves pada 22 Mei nanti untuk bisa menyalip Messi. Itupun harus dibarengi dengan kegagalan Messi mencetak gol ke gawang Eibar di waktu yang sama.

Berada di posisi tiga adalah Robert Lewandowski dengan 60 poin dikumpulkan (30 gol). Lalu di belakangnya ada Pierre Erick Aubameyang dengan 58 poin (29 gol).

Di tahun ini, Messi tidak bersaing dengan Cristiano Ronaldo dalam perebutan Sepatu Emas Eropa. Bintang Real Madrid sampai saat ini cuma mengoleksi 24 gol di La Liga – termasuk dua yang dia lesakkan ke gawang Celta Vigo, Kamis (18/5/2017) dinihari WIB.

Jika Messi bisa menyabet gelar Sepatu Emas Eropa tahun ini, dia akan menyamai capaian Ronaldo yang sudah empat kali meraihnya. Tiga Sepatu Emas Eropa yang sudah didapat Messi adalah pada musim 2009/10, 2011/12, dan 2012/13.

Messi sebetulnya bukan satu-satunya pemain di liga Eropa yang bisa mencetak 35 gol di Liga Domestik. Sampai saat ini, perolehan golnya itu sudah disamai oleh Edinson Cavani.

Akan tetapi, striker Paris Saint-Germain itu cuma punya 52 poin poin. Tertinggal jauh dari Messi.

Untuk diketahui setiap kompetisi memiliki faktor pengali berbeda. Lima kompetisi teratas Eropa (Premier League, La Liga, Bundesliga, Serie A dan Premiera Liga), yang dianggap persaingannya paling ketat, memiliki faktor pengali 2 (contoh: Messi 35 gol 70 poin). Sementara di luar itu nilai pengalinya adalah 1,5 (contoh: Cavani 35 gol 52,5 poin).

Tahun lalu Sepatu Emas Eropa jadi milik Luis Suarez setelah dia membuat 40 gol di La Liga.

(din/mrp)


NO COMMENTS