Jakarta – Jika menyebut faktor yang mendukung Real Madrid menuju tangga juara La Liga, kecakapan dalam memaksimalkan peluang di udara bisa disebut sebagai salah satunya.

Madrid tampil sebagai juara La Liga 2016/2017 usai meraih kemenangan 2-0 atas Malaga di pekan terakhir, Senin (22/5/2017) dinihari WIB kemarin. Los Blancos menutup musim dengan 93 poin dari 38 pertandingan, unggul tiga angka dari The Catalans yang ada di posisi kedua.

Sepanjang musim, Madrid mencetak 106 gol di La Liga. Dari total gol tersebut, 27 di antaranya (atau sekitar 25%) dibuat lewat sundulan.

Dalam catatan yang dilansir Squawka, jumlah tersebut menjadi yang tertinggi di antara tim-tim di La Liga. Real Sociedad yang ada di posisi kedua soal gol sundulan ‘hanya’ mencetak 18 gol.

Ada tiga pemain Madrid dengan jumlah gol sundulan paling banyak. Mereka adalah Cristiano Ronaldo, Alvaro Morata, dan Sergio Ramos yang masing-masing bikin enam gol.

Bicara soal gol dari sundulan memang tak bisa lepas dari nama Sergio Ramos. Faktanya, beberapa gol sundulan Ramos berperan krusial untuk Madrid.

Ramos lah yang mencetak gol saat melawan The Catalans di Camp Nou untuk menyelamatkan Madrid dari kekalahan. Dia juga yang mencetak gol melawan Deportivo La Coruna di menit-menit akhir laga untuk memberi Madrid kemenangan 3-2.

Catatan statistik tersebut tak mengejutkan dengan pengumpan ulung seperti Toni Kroos. Pemain tengah asal Jerman itu merupakan penyumbang assist terbanyak di skuat Madrid dengan 12 assist. Variasi serangan Madrid juga bertambah dengan penampilan impresif Marcelo yang tercatat membukukan 10 assist.

(nds/din)


NO COMMENTS