Jakarta – Juara bertahan Real Madrid memulai usaha melindungi titel La Liga di kandang Deportivo La Coruna. Musuh abadinya, Barca, mengawali di kandang sendiri.

Menilik statistik di masa lalu Madrid tampaknya punya peluang melewati jornada pertama La Liga 2017/2018 dengan mulus ketika dijamu Depor di Abanca-Riazor, Senin (21/8/2017) dini hari WIB. Laga ini kick-off pukul 3.15 WIB.

Madrid tidak terkalahkan dalam 13 pertemuan terakhir dengan Depor di La Liga, memenangi 12 di antaranya. Kali terakhir Depor unggul atas Madrid adalah pada 31 Agustus 2008.

Dalam pertemuan terakhir kedua tim di Riazor, 26 April tahun ini, El Real bahkan dengan telak meraih kemenangan 6-2 atas Depor. Dengan Madrid kini juga sedang sangat percaya diri berkat keberhasilan menjuarai Piala Super Spanyol dengan mengalahkan Barca.

Barca sendiri akan mengawali musim dengan menjamu Real Betis. Waktu kick-off pertandingan di Camp Nou ini cuma terpaut dua jam dari duel Depor vs Madrid, yakni pukul 1.15 WIB.

Kendatipun berlangsung di dalam nuansa duka, akibat aksi teror di kota Barca, Blaugrana sudah pasti akan sangat bernafsu untuk meraih hasil maksimal di laga itu. Selain agar bisa mendedikasikan hasil tersebut untuk para korban aksi teror, Barca juga amat memerlukan hasil bagus setelah kekecewaan di ajang Piala Super Spanyol akibat menyerah agregat 1-5 dari Madrid.

Barca setidaknya tidak terkalahkan dalam 10 pertemuan terakhir dengan Betis di La Liga, memenangi delapan di antaranya. Yang menarik, Barca juga memulai kiprahnya di La Liga musim lalu dengan menjamu Betis. Saat itu Barca unggul 6-2.

Sementara Atletico Madrid, tim urutan tiga klasemen akhir musim lalu, menjalani laga yang di atas kertas ringan tapi di atas lapangan bisa menjadi tricky. Atletico harus melawat ke markas tim promosi Girona, Minggu (20/8) dini hari WIB.

Seumur-umur Girona, yang terbentuk 23 Juli 1930, baru sekali ini mereka tampil di divisi teratas liga Spanyol. Masih banyak tanda tanya seputar kekuatan Girona, walaupun di atas kertas Atletico akan diunggulkan.

(krs/din)


NO COMMENTS