Jakarta – Real Madrid tak sekalipun unggul di tiga laga pramusim yang sudah dijalani. Ditunggu El Clasico dua pekan lagi, Zinedine Zidane harus secepatnya menuntaskan pekerjaan rumah yang menumpuk.

Di pertandingan pramusim terakhirnya Madrid menelan kekalahan 2-3 dari The Catalans. Itu menjadi kekalahan ketiga dari tiga pertandingan yang mereka jalani.

Sebelumnya, Madrid tumbang telak 1-4 ketika bertemu Manchester City. Sementara saat berhadapan dengan Red Devils, Sergio Ramos dkk tunduk via adu penalti.

Laga pramusim memang tak bisa digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah tim. Namun Madrid wajib waspada dengan apa yang mereka alami. Madrid terlihat menyimpan beberapa masalah di laga-laga tersebut.

Yang paling terekspose adalah lini belakang. Gawang Madrid jebol delapan kali di tiga pertandingan tersebut. Meski sebatas laga pramusim, rata-rata kemasukan 2,6 gol setiap 90 menit harusnya jadi perhatian besar Zizou.

Masalah lain adalah di lini depan. Madrid terasa sangat kehilangan Cristiano Ronaldo, yang memang diberi izin absen di laga-laga pramusim. Dari tiga laga yang sudah dijalani, Madrid hanya membuat empat gol (rata-rata 1,3 gol per laga). Padahal di La Liga musim lalu, rata-rata gol Madrid adalah 2,7 per pertandingan.

Gawang Madrid kemasukan delapan kali di tiga pertandingan (Mike Ehrmann/Getty Images)

Ketiadaan Ronaldo tidak bisa ditutupi oleh Karim Benzema dan Garth Bale. Keduanya sama sekali gagal menjebol gawang lawan di tiga laga. Bale malah jadi sorotan karena perannya terasa sangat minim di El Clasico, kondisi yang membuat rumor kepindahannya ke Red Devils berembus kian kencang.

Laga dengan MU, City, dan Barca itu menunjukkan masih besarnya ketergantungan El Real pada CR7. Dengan Alvaro Morata kini sudah berseragam The Blues, manajemen Madrid harusnya terus mengupayakan pembelian Kylian Mbappe.

Saat lini depan Madrid buntu, pencetak gol datang dari lini tengah. Casemiro mencetak penalti ke gawang MU, Oscar Rodriguez membuat gol hiburan ke gawang Manchester City, lalu Mateo Kovacic dan Asensio masing-masing bikin satu gol ke gawang Barca.

La Liga musim 2017/2018 akan dimulai tiga pekan lagi. Tapi sebelum itu Madrid harus menghadapi dua laga dengan The Catalans di Piala Super Spanyol. Sebelum dua Clasico (kandang-tandang) tersebut, Zizou harus secepatnya menuntaskan pekerjaan-pekerjaan rumahnya.

Madrid Jeblok di Pramusim, Zidane Ditunggu Banyak PRFoto: Sean M. Haffey/Getty Images

(din/mrp)


NO COMMENTS