Munich – Toni Kroos sukses meraih lebih banyak trofi di Real Madrid. Kroos kian yakin, keputusannya meninggalkan Bayern Munich untuk bergabung Madrid memang sudah tepat.

Pemain tengah Jerman itu hengkang dari Bavaria ke Spanyol pada tiga tahun lalu. Di Madrid, Kroos memainkan peran vital untuk mengantar Los Blancos menjuarai dua gelar Liga Champions dan satu La Liga.

Sementara itu, Bayern sejak menjuarai Eropa bersama Kroos pada 2012/2013 belum lagi bisa mengulang pencapaian itu. Bahkan pada musim lalu, Bayern Munich disingkirkan Madrid di babak perempatfinal.

Tidak sedikit kalangan yang menilai kesulitan Bayern menjuarai Liga Champions karena kehilangan Kroos. Mantan pemain Xabi Alonso yang sempat didatangkan pun tidak mampu menggantikan peran Kroos.

“Perubahan timku tepat. Faktanya, dari sudut pandangku, tidak ada keraguan tentang hal itu,” ucap Kroos kepada DFB, yang dikutip FourFourTwo.

“Sudah jelas, kalau Anda pergi ke luar negeri dengan bergabung sebuah klub top, itu artinya selangkah maju dalam perkembangan Anda. Carlo Ancelotti (pelatih Madrid ketika itu), menginginkanku di Madrid dan yakin denganku.”

Sebelum hijrah ke Madrid, Kroos sempat menghabiskan semusim dalam arahan Josep Guardiola di Bayern. Disebut Kroos, Guardiola lah yang menemukan bentuk permainan terbaiknya.

“Aku tidak akan mengecilkan semusim yang kuhabiskan dengan Pep Guardiola karena kupikir aku telah membuat sebuah langkah besar di musim itu. Dia melihatku sebagai seorang pemain tengah di sistem dia, yang sangat cocok dengan gaya permainanku,” Kroos menambahkan.

(rin/din)


NO COMMENTS