Manchester – Josep Guardiola berbicara soal penunjukan Ernesto Valverde sebagai pelatih The Catalans, juga Real Madrid yang kembali menjuarai Liga Champions. Apa katanya?

Setelah Luis Enrique memutuskan tidak memperpanjang kontraknya, Barca memilih Varverde sebagai suksesornya. Sebelumnya Varverde merupakan pelatih Athletic Bilbao.

Sejauh ini Valverde lebih banyak berkiprah di tim-tim kecil-menengah, dengan prestasi terbaiknya antara lain juara di Yunani dan mengantarkan Bilbao memenangi Piala Super Spanyol 2015. Meski demikian, Valverde cukup punya kedekatan dengan Barca karena pernah menjadi pemain Blaugrana dan dinilai punya filosofi yang sesuai dengan tim.

“Ernesto adalah pelatih yang luar biasa dan seorang teman baik. The Catalans sudah membuat keputusan yang bagus,” ujar Guardiola kepada Marca, yang dikutip Football Italia.

Guardiola turut melempar pujian ke Zinedine Zidane yang mengantar Real Madrid melindungi trofi Liga Champions, sekaligus meraih trofi ke-12 (La Duodecima) di turnamen itu. Namun pelatih yang sejak musim lalu menangani Manchester City itu juga percaya mantan timnya, Barca, akan bangkit dan bersaing untuk titel Liga Champions lagi.

“Dia (Zidane) pelatih yang bagus, sebagai pemain, dia dulu ada di level yang berbeda,” puji Guardiola.

“Saya ucapkan selamat kepada Real Madrid sebab mereka juara Liga Champions yang layak. Tapi saya juga akan mengingatkan mereka untuk tak jadi terlalu percaya diri sebab The Catalans selalu bangkit,” tambahnya.

(raw/raw)


NO COMMENTS