Jakarta – Lionel Messi jadi pemain paling menentukan di El Clasico akhir pekan lalu. Bikin satu gol dan satu assist, Messi menghabiskan 83,1% dari 90 menit dengan jalan kaki.

Barca meraih kemenangan gemilang dengan skor 3-0 dalam lawatan ke Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017) malam lalu. Luis Suarez, Lionel Messi, dan Aleix Vidal mencetak gol-gol kemenangan The Catalans di babak kedua.

Messi terpilih sebagai pemain terbaik oleh situs statistik Whoscored. Dia dapat nilai sempurna 10 atas gol penalti dan assist yang dilepaskan untuk Vidal.

Meski punya peran besar atas kemenangan Barca, Messi ternyata tak banyak ‘beraktivitas’ di atas lapangan. Dia bisa dibilang sangat efektif dalam melakukan pergerakan, baik itu saat membawa bola maupun saat tanpa bola.

Sebuah surat kabar asal Honduras, El Periodico, menganalisa pergerakan Messi saat bermain penuh di El Clasico. Sepanjang berada di atas lapangan, 83,1% aktivitas yang dilakukan Messi adalah berjalan kaki. Itu sekitar 75 menit.

Sementara 10,8% periode permainan dihabiskan Messi dengan berjoging dan 4,95% dia lakukan dengan berlari. Sisanya, sebesar 1,15% (sekitar 1 menit) Messi baru melakukan sprint.

Diyakini statistik tersebut di atas merupakan bagian dari skenario permainan dan sudah disiapkan oleh tim medis serta Ernesto Valverde dan staff kepelatihan Barca. Dikutip dari Marca, Messi adalah satu-satunya pemain outfield yang tampil penuh di seluruh pertandingan La Liga musim ini. Kondisi kebugaran dia tentu dijaga betul oleh Barca

Messi di El Clasico
Jalan kaki 83,1% (sekitar 75 menit)
Joging 10,8% (sekitar 10 menit)
Lari 4,95% (sekitar 4 menit)
Sprint 1,15% (sekitar 1 menit)

(din/krs)


NO COMMENTS