Madrid – Zinedine Zidane tercatat punya hasil apik di El Clasico. Saking apiknya, catatan Zidane ini melampui entrenador Real Madrid sebelumnya.

Dalam catatan Marca, Zidane sejauh ini sudah membimbing El Real dalam lima El Clasico dengan hasil tiga kemenangan, sekali seri, dan sekali menyerah. Pelatih yang mulai menangani Madrid pada 4 Januari 2016 itu punya persentase kemenangan 60 persen.

Jumlah persentase kemenangan Zidane dalam El Clasico tersebut rupanya lebih mantap daripada pelatih-pelatih Madrid yang menjadi pendahulunya.

Miguel Munoz, misalnya, yang merupakan pelatih Madrid dengan jumlah El Clasico terbanyak. Dari 36 pertemuan dengan Barca, ia dicatat meraih 16 kemenangan (persentase kemenangan mencapai 44,4 persen).

Setelah itu ada pula Jose Mourinho, yang semasa melatih Madrid telah melewati 17 El Clasico. Ia meraih lima kemenangan saja, dengan persentase kemenangan 29,4 persen.

Berikutnya ada Luis Molowny yang meraih enam kemenangan dari total 13 El Clasico sebagai pelatih Los Blancos. Persentase kemenangannya adalah 46,1 persen.

Leo Beenhakker menjadi pelatih Madrid keempat dengan jumlah pertemuan terbanyak lawan Barca, 11 pertandingan. Cuma tiga kemenangan yang mampu ia raih (27,27 persen), dengan empat kekalahan dan seri di laga sisanya.

Legenda Madrid Alfredo Di Stefano, sebagai pelatih dengan jumlah El Clasico terbanyak kelima, harus puas dengan empat kemenangan dari sepuluh pertemuan dengan Barca. Satu pelatih top Madrid lain, Vicente del Bosque, memenangi tiga dari sepuluh El Clasico.

“Dalam sejarah Real Madrid, di antara 10 pelatih dengan jumlah pertemuan terbanyak lawan Barca, pesaing terdekat Zidane adalah Paco Bru (1939-1941). Dalam dua tahun, ia menghadapi Barca sembilan kali dan meraih lima kemenangan (55,5 persen),” tulis Marca.

Lima El Clasico Zidane sebagai pelatih Madrid:

2 April 2016
La Liga: Barca 1-2 Real Madrid

3 Desember 2016
La Liga: Barca 1-1 Real Madrid

23 April 2017
La Liga: Real Madrid 2-3 Barca

13 Agustus 2017
Piala Super Spanyol (leg I): Barca 1-3 Real Madrid

16 Agustus 2017
Piala Super Spanyol (leg II): Real Madrid 2-0 Barca

(krs/din)


NO COMMENTS