Dortmund – Harga Ousmane Dembele meroket saat digaet Barca dari Borussia Dortmund. Manajer The Gunner Arsene Wenger mengaku tidak habis pikir dengan harga transfer itu.

Barca melakukan perekrutan fantastis di bursa musim panas untuk mencari pengganti Neymar, yang hengkang ke Paris Saint-Germain. Klub Catalan itu memboyong Dembele dari Dortmund dengan harga awal 105 juta euro (sekitar Rp 1,6 triliun), yang bisa mencapai 150 juta euro (sekitar Rp 2,6 triliun).

Padahal, winger Prancis itu baru dua musim menjadi pesepakbola profesional. Dembele menjalani laga debutnya bersama Rennes sebelum pindah ke Dortmund usai ditebus 15 juta euro.

Di Bundesliga, Dembele langsung bersinar usai membukukan 10 gol dan 20 assist di sepanjang 2016-17, sebelum hijrah ke Spanyol. Wenger menilai nilai transfer Dembele tidak sesuai dengan kenyataan.

“Jumlah uangnya sepenuhnya tidak cocok dengn kenyataan dan realitas,” sembur Wenger kepada beINSports.

“Contohnya: seberapa bagus Anda bekerja sebagai pelatih sepakbola — Dembele musim lalu dihargai 15 (juta euro), tahun ini 150 juta euro — seberapa bagus Anda bekerja di atas lapangan sepakbola, Anda tidak bisa membuat harga pemain melonjak dari 15 sampi 150.”

“Tapi perhitungan di antara investasi dan apa yang Anda bisa ambil kembali sudah hilang. Sekarang hanya, sanggupkah Anda membeli atau tidak?”

(rin/raw)

NO COMMENTS