Jakarta – Kekalahan atas Girona membuat peluang Real Madrid melindungi gelar La Liga jadi sulit. Tapi sepanjang sejarah ada beberapa klub yang pernah melakukannya. Salah satunya The Catalans.

Meski unggul lebih dulu, Madrid pada akhirnya bertekuk lutut 1-2 dalam lawatan ke Girona. Hasil mengejutkan ini membuat El Real kini tertinggal delapan poin dari The Catalans di puncak klasemen.

Banyak yang lantas menilai kalau kans Madrid melindungi titelnya akan sulit. Selain faktor penampilan tak konsisten Madrid musim ini, di sisi lain Barca malah belum sekalipun bertekuk lutut.

Tapi kans Madrid tentu saja belum pasti tertutup. Apalagi masih ada 28 pertandingan tersisa di musim ini. Itu artinya masih sangat banyak peluang untuk skuat besutan Zinedine Zidane mengejar Lionel Messi dkk.

Mengejar ketinggalan delapan angka bukan pekerjaan mudah, terlepas dari fakta bahwa kompetisi bahkan belum separuh jalan. Sejarah mencatat kalau sepanjang gelaran La Liga baru ada tiga insiden sebuah klub bisa memangkas selisih delapan poin dan kemudian jadi kampiun.

The Catalans melakukannya dua kali. Yang pertama di musim 1991/1992 dan dilanjutkan pada 1998/1999.

Satu klub lain yang berhasil melakukannya adalah Valencia. El Che menuliskan sejarah tersebut pada musim 2003/2004. Demikian dikutip dari Bleacher Report.

Bagaimana dengan El Real?

(din/mrp)


NO COMMENTS