Barca – Sergio Busquets merasa Barca di bawah Ernesto Valverde bermain lebih solid dan rapat. Sebagai pemain tengah jangkar, dia kini lebih terlindungi.

Barca mengawali era baru bersama Valverde dengan impresif. Mereka masih sempurna sejak laga pertama di musim ini, dalam sembilan pertandingan di seluruh ajang.

Di La Liga, Blaugrana unggul di tujuh pekan pertamanya dan memimpin klasemen. Mereka sudah unggul lima angka dari Sevilla yang saat ini jadi pesaing terdekat.

Start sempurna juga diukir di Liga Champions. Kemenangan atas Juventus dan Sporting membawa Lionel Messi dkk. memimpin Grup D dengan nilai enam, unggul tiga angka dari dua rivalnya tersebut.

Busquets menyebut salah satu faktor yang membuat start Barca mulus sejauh ini adalah sistem permainan yang lebih rapat di bawah Valverde.

Valverde menerapkan pola 4-3-3 yang kadang bertransformasi menjadi 4-3-1-2 atau 4-4-2 yang berubah menjadi 4-4-1-1. Eks pelatih Valencia dan Athletic Bilbao itu juga kerap memainkan 4-5 pemain bertipe pemain tengah.

Misalnya dalam pola 4-3-3, dia bisa memainkan Ivan Rakitic, Busquets, dan Andres Iniesta di tengah dengan Denis Suarez didorong ke posisi striker sayap. Denis yang aslinya pemain tengah tengah ini, kerap turun untuk membantu lini tengah atau menjadi penghubung antar lini.

Di pola 4-4-2, Valverde malah bisa membuat lini tengah lebih sesak. Empat pemain di tengah yakni Iniesta, Busquets, Rakitic, dan Aleix Vidal menyokong Lionel Messi yang beroperasi di belakang Luis Suarez sebagai striker utama.

Valverde bahkan punya opsi lain di lini tengah, dengan adanya Paulinho yang berkarakter box-to-box. Cara bermain baru di bawah Valverde disebut Busquets membuatnya merasa lebih aman sebagai pemain jangkar.

Hal tersebut sedikit-banyak juga dilihat dari catatan penjagaan Barca. Mereka baru kebobolan dua kali di liga, paling sedikit dari 20 tim. Di Liga Champions pun mereka belum kemasukan sama sekali.

“Bermain dengan beraneka macam pemain tengah memastikan Anda punya penguasaan bola lebih besar dan superioritas di lapangan tengah. Saya percaya saya kini sedikit lebih terlindungi ketimbang sebelumnya dan musim ini saya merasa lebih nyaman, kami lebih rapat dan lebih punya pengaruh di laga-laga,” ungkapnya kepada El Mundo Deportivo.

“Saya tak tahu soal statistiknya, tapi rasanya kami bermain lebih dekat satu sama lain dan kami lebih kompak, membuat tim-tim lain sulit menciptakan peluang saat melawan kami.”

“Ini bagus untuk tim dan bagus untuk saya, karena kami lebih solid dan menjadi lebih mungkin untuk bertarung demi gelar-gelar juara,” imbuhnya sebagaimana dilansir Football Espana.

(raw/fem)


NO COMMENTS