Jakarta – Kalau La Liga dihitung dari Januari hingga Desember, maka Barca berhak jadi juara. Sepanjang tahun kalender tersebut, poin Barca melebihi capaian El Real.

Barca meraih poinnya yang terakhir pada tahun 2017 setelah menundukkan Madrid dengan skor 3-0 di Santiago Bernabeu. Kemenangan tersebut membuat Lionel Messi dkk total mengumpulkan 101 poin di sepanjang tahun lalu.

Dikutip dari Marca, ini adalah kali ketiga Barca bisa mencapai 100 poin lebih di satu tahun kalender La Liga. Sebelumnya mereka meraih hasil serupa pada 2010 dam 2012, yakni 103 poin.

Dari 39 pertandingan La Liga sepanjang tahun lalu, Barca meraih 32 kemenangan. Lima kali setara dan dua kali tunduk. Di Camp Nou, Barca menjalani 19 pertandingan dan cuma sekali gagal unggul.

Bagaimana dengan Madrid?

Juga bermain sebanyak 39 pertandingan di La Liga, El Real mengumpulkan 87 poin. Cristiano Ronaldo cs meraih 27 kemenangan, enam kali bermain setara, dan enam kali tunduk.

Barca kini menjadi klub yang paling sering menjadi pengumpul poin terbanyak dalam satu tahun kalender, total 34 kali. Sementara Madrid berada di posisi kedua dengan 33 kali menjadi pengoleksi poin terbanyak di satu tahun.

(din/mrp)


NO COMMENTS