The Catalans – The Catalans comeback untuk berbalik mengalahkan Eibar dengan skor 4-2 di pekan terakhir. Namun, kemenangan itu tak cukup untuk merebut gelar La Liga 2016-17.

Barca memulai pertandingan dengan ketinggalan tiga angka dari pemuncak klasemen Real Madrid. Untuk menjaga gelarnya, El Barca butuh mengalahkan Eibar sedangkan Madrid tunduk melawan Malaga.

Namun, hal itu tidak terjadi. Madrid sukses mengalahkan Malaga 2-0 untuk memastikan titel juara sehingga Barca dipastikan finis kedua. Klasemen akhir menunjukkan Barca finis kedua dengan 90 poin, berjarak tiga angka dari lawan abadinya itu.

Menghadapi Eibar di Camp Nou, Senin (22/5/2017), Barca banyak membuang peluangnya. Tim tuan rumah bahkan sempat tertinggal dua gol lebih dulu karena gol-gol Inui Takashi.

Barca menipiskan skor di babak kedua setelah David Junca membuat gol bunuh diri di babak kedua. Peluang menambah gol pun dilewatkan Barca usai tembakan penalti Lionel Messi bisa digagalkan setelahnya.

Meski begitu, Luis Suarez sukses mencetak gol kedua Barca untuk menyamakan skor 2-2 di menit 73. Barca lantas mendapatkan keunggulan jumlah pemain usai Ander Copa diacungi kartu kuning kedua. Hanya semenit kemudian, Messi membalikkan kedudukan lewat titik putih dan memastikan kemenangan timnya lewat gol menawan di penghujung laga.

Jalannya Pertandingan

Eibar berani menyerang The Catalans di awal pertandingan. Alhasil, di menit ketujuh Eibar membungkam publik tuan rumah untuk memimpin 1-0.

Diawali dari crossing Ander Capa di sisi kanan, bola jatuh di jalur Inui Takashita, yang tidak terkawal di dekat tiang dekat. Pesepakbola Jepang itu meneruskan bola dengan tendangan first-time yang bersarang di sudut atas gawang Marc-Ander ter Stegen.

Dua menit berselang, Luis Suarez membuang peluang mencetak gol balasan. Namun, dalam situasi satu lawan satu dengan penjaga gawang Yoel, sepakan kaki kanan Suarez justru melenceng.

Di menit 14, Barca mencetak gol lewat Suarez. Namun, gol tersebut dianulir karena Jordi Alba telah berada di posisi offside sebelum mengirim operan kepada striker Uruguay itu.

Meski dominan, The Catalans masih kesulitan menciptakan peluang berarti. Di menit 26, Alba berakselerasi hingga ke garis gawang sebelum melepaskan umpan untuk Neymar. Namun, Neymar gagal menjangkau bola sebelum diredam Junca.

Barca menggempur bertahan Eibar. Di menit 36, Suerez kembali berada di situasi satu lawan satu dengan Yoel, tapi sepakannya masih bisa dihalau.

Memasuki injury time babak pertama, Lionel Messi mengirim operan kepada Andres Iniesta meneruskannya dengan operan pendek kepada Suarez, yang diteruskan dengan melenceng.

Inui mengancam The Catalans lagi. Dia melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak yang ditepis Ter Stegen. Bola yang jatuh di jalur Kike, diteruskannya dengan tembakan tidak tepat sasaran. Babak pertama 1-0 untuk Eibar.

Selepas turun minum, Yoel menggagalkan sejumlah peluang Barca. Di menit 50, dia dua kali menepis tembakan Iniesta. Kurang dari 10 menit kemudian, Messi membuang peluang setelah sepakannya melebar usai menerima umpan Suarez.

Meski tertekan, Eibar justru mampu mencetak gol keduanya untuk mengungguli Barca 2-0 di menit 61. Diawali dari kerjasama Kike dan Sergi Einrich, bola diteruskan Inui dengan tembakan kencang yang menggetarkan gawang Barca.

Setelah membuang begitu banyak peluang, Barca akhirnya bisa mencetak gol balasan untuk menipiskan skor 1-2 di menit 63. Operan Messi kepada Neymar salah diantisipasi David Junca, yang memasukkan bola ke gawangnya sendiri.

Enam menit kemudian, wasit menunjuk titik putih ke kotak penalti Eibar. Messi maju sebagai algojo, tapi tembakannya ke arah kiri Yoel bisa ditepis ke atas.

Tekanan terus dilancarkan The Catalans. Dia menit 73, Suarez akhirnya mengukir namanya di papan skor usai meneruskan sundulan Paco Alcacer, yang diawali sepak pojok. Skor kini seri 2-2.

Hanya 12 menit berselang, wasit kembali menghadiahkan penalti untuk Barca usai pelanggaran terhadap Neymar. Messi kembali menjadi penendang, dan kali ini sukses melakukan tugasnya untuk membawa Barca berbalik unggul 3-2 di menit 75.

Di masa injury time, Messi mencetak gol keduanya lewat aksi individu untuk menjadikan keunggulan Barca 4-2. Skor yang bertahan sampai pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

BARCELONA: Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto (Andre Gomes 46′), Marlon Santos, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Andres Iniesta; Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar.

EIBAR: Yoel Rodriguez; Ander Capa, Anaitz Arbilla, Florian Lejeune, David Junca; Ruben Pena (Pedro Leon 68′), Gonzalo Escalante, Dani Garcia, Takashi Inui; Sergi Enrich (Galvez 77′), Kike.

(rin/din)


NO COMMENTS