Munich – Pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel, mengiyakan bahwa kemenangan timnya atas Bayern Munich di semifinal DFB-Pokal tak bisa dilepaskan dari faktor keberuntungan.

Dortmund mengalahkan Bayern 3-2 pada laga semifinal di Allianz Arena, Kamis (27/4/2017) dinihari WIB. Die Borussen mampu membalikkan keadaan kendati tertinggal 1-2 saat turun minum.

(Baca juga: Kalahkan Bayern 3-2, Dortmund Melangkah ke Final)

Marco Reus membawa Dortmund unggul lebih dulu, tapi Bayern mampu berbalik memimpin 2-1 berkat gol-gol Javi Martinez dan Mats Hummels. Bayern sebenarnya punya beberapa peluang bagus untuk memperbesar keunggulannya, tapi gagal memaksimalkan peluang-peluang tersebut.

Sebaliknya, Dortmund lebih efektif dalam memanfaatkan kesempatan dan berhasil membalikkan keadaan melalui gol-gol Pierre-Emerick Aubameyang dan Ousmane Dembele pada babak kedua.

“Kami bangkit dan membalikkan keadaan di Munich. Ini kegilaan,” ujar Tuchel seperti dikutip Soccerway.

“Kami benar-benar kehilangan pijakan setelah 20 menit pertama. Kami terlalu banyak tumbang duel,” imbuhnya.

“Kami kemudian sangat beruntung setelah jeda ketika (Sven) Bender mencegah (Arjen) Robben dari mencetak gol ketiga Bayern. Kami akan tumbang kalau tembakan itu masuk. Kami kemudian mencetak dua gol bagus dan mampu melindungi keunggulan,” kata Tuchel.

“Kami punya sedikit keberuntungan dan itu perlu ketika Anda datang ke sini. Anda bahkan bisa bilang banyak keberuntungan, tapi Anda membutuhkannya di sini. Kemenangan ini sangat berarti untuk kepercayaan diri dan perkembangan tim,” katanya.

Dortmund selanjutnya akan menghadapi Eintracht Frankfurt di babak final, 27 Mei mendatang. Eintracht lebih dulu lolos usai unggul adu penalti atas Borussia Moenchengladbach.

(mfi/cas)


NO COMMENTS