Gelsenkirchen – Schalke 04 dan Bayer Leverkusen sama-sama menunjuk pelatih baru untuk menyambut musim depan. Schalke kini dilatih oleh Domenico Tedesco, sedangkan Leverkusen berada di bawah komando Heiko Herrlich.

Schalke memutuskan untuk memberhentikan Markus Weinzierl dari posisi pelatih pada Jumat (9/6/2017). Weinzierl sebenarnya dikontrak selama tiga tahun oleh Schalke, tapi karena musim pertamanya berjalan mengecewakan, dia pun tak dipertahankan.

Schalke cuma finis di posisi kesepuluh di klasemen akhir Bundesliga. Hal itu membuat Die Knappen gagal lolos ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak musim 2008/2009. Sementara di arena DFB-Pokal dan Liga Europa, mereka terhenti di babak perempatfinal.

Schalke kemudian mengangkat Tedesco sebagai pengganti Weinzierl dengan kontrak dua tahun. Tedesco sebelumnya menangani klub divisi dua, Erzgebirge Aue.

Tedesco saat ini baru berusia 31 tahun. Dia menjadi pelatih termuda kedua di lima liga top Eropa dan hanya lebih tua daripada pelatih Hoffenheim, Julian Nagelsmann, yang berumur 29 tahun.

Leverkusen Tunjuk Herrlich

Pada saat yang hampir bersamaan, Leverkusen mengangkat Herrlich sebagai pelatih anyar mereka. Herrlich menggantikan Tayfun Korkut dan telah menandatangani kontrak dua tahun dengan Leverkusen.

Herrlich bukanlah orang baru di Leverkusen. Saat masih aktif sebagai pemain, dia pernah menjadi striker Leverkusen pada 1989-1993.

Herrlich, yang sekarang berusia 45 tahun, sebelumnya berpengalaman menukangi Bochum, Unterhaching, dan Bayern Munich U-17. Pekerjaan terakhirnya adalah melatih klub Jahn Regensburg, yang dia antarkan promosi dari divisi tiga ke divisi dua Bundesliga.

(mfi/nds)


NO COMMENTS