Hoffenheim – Hoffenheim sudah dipastikan lolos ke Liga Champions. Kini skuat besutan Julian Nagelsmann itu santai hadapi persaingan tempat ketiga dengan Borussia Dortmund.

Nagelsmann berhasil mengantarkan Hoffenheim finis the big four yang artinya lolos ke Liga Champions musim depan. Hoffenheim saat ini ada di posisi tiga dengan 58 poin, unggul 12 poin dari Hertha Berlin di tempat kelima dengan sisa tiga pertandingan saja.

Kini tantangan tersisa untuk Hoffenheim adalah memaksimalkan partai tersisa untuk finis di posisi sebaik mungkin, sehingga lolos langsung ke fase grup. Mereka masih bisa melewati RB Leipzig di posisi dua yang saat ini berjarak lima angka.

Die Kraichgauer minimal bisa berupaya mengamankan posisi tiga, yang jadi batas lolos langsung ke fase grup. Untuk itu, mereka harus menghadapi tekanan Dortmund yang menguntit di posisi empat dengan jarak satu poin.

Perjalanan itu akan dimulai pekan depan. Mereka akan saling sikut dengan Dortmund di Signal Iduna Park, Sabtu (6/5/2017) malam WIB.

Nagelsmann meyakini laga ini akan membuat Dortmund tertekan, sebab tim besutan Thomas Tuchel itu punya desakan untuk finis di posisi setinggi mungkin. Berbeda dengan Hoffenheim yang bisa tampil lepas.

“Dengan segala kerendahan hati, tekanan benar-benar ada di Dortmund untuk merebut posisi ketiga. Kami tidak diharuskan, tapi bagi Dortmund wajib,” kata Nagelsmann seperti dilansir Bild.

“Kami sudah memainkan musim yang bagus dengan standar kami. Kami tidak harus (finis posisi tiga), tapi kami ingin,” tambahnya.

Nagelsmann merupakan pelatih termuda dalam sejarah Bundesliga ketika ditunjuk menukangi Hoffenheim. Dia diangkat sebagai pelatih Hoffenheim pada 10 Februari 2016 lalu dalam usia 28 tahun.

Keputusan itu dibuat Hoffenheim lantaran Huub Stevens mengundurkan diri karena masalah kesehatan. Di akhir musim 2015/2016 tersebut Nagelsmann berhasil menyelamatkan tim dari zona degradasi.

(raw/mrp)


NO COMMENTS