Dortmund – Mantan pelatih Borussia Dortmund Ottmar Hitzfeld angkat bicara mengenai Pierre-Emerick Aubameyang. Menurut dia, Aubameyang sangat vital bagi Die Borussen.

Dalam tiga musim terakhir, striker Gabon itu memiliki peran penting dengan mengemas total 104 gol. Bahkan di musim 2016-17, Aubameyang membukukan 40 gol di seluruh kompetisi termasuk 31 gol di Bundesliga yang menjadikan dia sebagai topskorer.

Namun, Dortmund nyaris kehilangan Aubameyang, yang sempat kencang dikabarkan ingin meninggalkan Signal Iduna Park di musim panas ini. Akan tetapi, pada akhirnya niat itu diurungkan dan Dortmund menutup peluang penjualan Aubameyang.

Di era 90an, Hitzfeld pernah membesut Dortmund selama enam tahun dengan mempersembahkan dua titel Bundesliga dan sekali Liga Champions. Hitzfeld memuji kegigihan Dortmund dalam melindungi Aubameyang.

“Bagi (pelatih Dortmund) Peter Bosz, Aubameyang adalah sebuah perusahaan asuransi jiwa,” kata Hitzfeld kepada Eurosport. “Dia adalah pemain terpenting bagi Borussia Dortmund. Anda bisa mengganti pemain manapun, tapi tidak Aubameyang.”

“Dia merupakan 20 persen dari Borussia Dortmund. Dia adalah seorang striker jempolan, dia menciptakan peluang untuk menciptakan gol dari situasi yang mustahil. Dia juga bisa melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri dan tidak hanya bergantung pada rekan-rekan setimnya,” kata mantan pelatih yang juga pernah menukangi Bayern Munich itu.

“Kalau [direktur eksekutif Hans-Joachim] Watzke mengatakan bahwa dia akan bertahan sampai akhir musim, maka ini adalah sebuah tanda yang jelas. Ini adalah sebuah tantangan kepada Bayern Munich: kami melindungi Aubameyang untuk menjadi juara di Jerman!”

Aubameyang akan menebar ancamannya lagi saat Dortmund menghadapi Bayern di Piala Super Jerman, Minggu (6/8) dinihari WIB.

(rin/mfi)


NO COMMENTS