Dortmund – Borussia Dortmund akhirnya mengambil langkah menyusul serangkaian hasil buruk yang dituai. Mereka memberhentikan Peter Bosz dan langsung menunjuk pelatih baru.

Bosz yang baru ditunjuk di awal musim ini sempat membawa Dortmund melaju dengan apik di awal musim. Dortmund dibawanya unggul enam kali dari tujuh laga pembuka di Bundesliga untuk naik ke puncak klasemen.

Tapi Dortmund kemudian justru terjun bebas. Mereka gagal unggul dalam delapan laga terakhir di Bundesliga (tiga kali sebanding, lima kali bertekuk lutut) dan melorot ke posisi tujuh dengan 22 poin. Di Liga Champions, Pierre-Emerick Aubameyang dkk. sama sekali tak meraih kemenangan dan terlempar ke Liga Europa.

Kekalahan 1-2 dari Werder Bremen, Sabtu (9/12/2017) malam WIB, jadi laga terakhir Bosz bersama Dortmund. Hari Minggu (10/12/2017), Dortmund memutuskan untuk memecat Bosz.

“Kami berbicara dengan Peter Bosz dalam sebuah makan malam dan memutuskan untuk segera berpisah. Itu sangat emosional,” CEO Dortmund Hans Joachim Watzke mengatakan seperti dikutip Soccerway.

“Kami sepakat bahwa berpisah adalah yang terbaik. Kami ingin berterima kasih kepadanya. Kami masih berpikir dia adalah pelatih bagus, hanya hasilnya saja yang tidak sesuai.”

Untuk menggantikan Bosz, Dortmund langsung mengangkat Peter Stoeger. Mantan pelatih Cologne itu akan menangani Dortmund sampai akhir musim. Stoeger sendiri baru pekan lalu diberhentikan setelah Cologne terbenam di dasar klasemen dengan tiga poin dan tanpa kemenangan dari 14 laga di Bundesliga.

Dortmund Pecat Peter BoszPeter Stoeger (Foto: Leon Kuegeler/Reuters)

“Ini adalah situasi yang juga mengejutkan untuk saya, tapi kesempatan luar biasa untuk mengambil tanggung jawab ini. Saya sangat bersemangat untuk bekerja dengan tim ini, di stadion ini. Ini adalah sesuatu yang spesial,” Stoeger mengatakan.

Pertandingan melawan Mainz, Rabu (13/12/2017) dini hari WIB, akan jadi laga pertama Stoeger bersama Dortmund. Mereka selanjutnya akan diuji Hoffenheim dan tandang ke markas Bayern Munich di DFB Pokal.

(nds/fem)


NO COMMENTS