Berlin – Borussia Dortmund belum meraih kemenangan pada tahun 2018. Die Borussen kembali gagal unggul setelah bermain sebanding 1-1 dengan Hertha Berlin.

Mengunjungi Olympiastadion Berlin, Sabtu (20/1/2018) dinihari WIB, Dortmund tertinggal lebih dulu. Gol Davie Selke membawa Hertha memimpin di awal babak kedua. Dortmund baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-71 melalui sundulan Shinji Kagawa.

Dortmund tak membawa striker andalannya, Pierre-Emerick Aubameyang, pada laga ini. Tanpa Aubameyang, tim tamu mengandalkan Andre Schuerrle, Jadon Sancho, dan Christian Pulisic di lini depan. Namun, absennya Aubameyang memang membuat serangan Dortmund kurang menggigit.

Ini adalah hasil sebanding kedua secara berurutan yang didapat Dortmund sejak mereka memarkir Aubameyang. Pada akhir pekan lalu, mereka ditahan sebanding Wolfsburg 0-0 di kandang sendiri.

Dortmund untuk sementara naik ke posisi ketiga klasemen Bundesliga dengan perolehan 30 poin dari 19 laga. Mereka berjarak 14 poin dari Bayern Munich yang menguasai posisi teratas. Adapun Hertha duduk di posisi ke-11 dengan 25 poin.

Peluang pertama Dortmund pada laga ini didapatkan oleh Kagawa di menit ke-14. Kagawa menyambut umpan silang Pulisic dengan sundulan kepala, tapi arah bola masih melambung.

Hertha kemudian gantian mengancam lewat tendangan bebas Marvin Plattenhardt, tapi sepakan Plattenhardt masih terlalu tinggi. Sementara itu, sundulan Niklas Stark meneruskan sepak pojok Plattenhardt masih melenceng dari gawang Dortmund.

Setelah babak pertama berakhir dengan skor kacamata, Hertha membuka keunggulannya di menit ke-46 lewat gol Selke. Gol ini diawali kerja sama antara Valentino Lazaro dan Ondrej Duda di sisi kiri benteng Dortmund. Lazaro kemudian mengirimkan umpan silang yang disontek Selke ke gawang Roman Buerki.

Dortmund berpeluang menyamakan kedudukan di menit ke-55. Tapi, sepakan keras Pulisic dimentahkan oleh penjaga gawang Hertha, Thomas Kraft.

Tim tamu baru bisa mencetak gol penyama pada menit ke-71. Sancho yang melakukan tekanan ke kotak penalti Hertha mengirimkan umpan silang kepada Kagawa yang berdiri bebas. Sambil menjatuhkan diri, Kagawa menanduk bola untuk mengubah skor jadi 1-1.

Sancho sebenarnya punya kesempatan untuk membawa Dortmund berbalik memimpin pada menit ke-82. Tapi, mantan pemain Manchester City itu menyia-nyiakan peluang karena tembakannya melebar.

Hingga akhir laga, Dortmund tak bisa mencetak gol kedua. Mereka pun harus puas membawa pulang satu poin.

Susunan Pemain
Hertha Berlin: Kraft, Weiser, Lustenberger, Stark, Plattenhardt, Skjelbred, Maier, Duda (Leckie 77′), Lazaro, Kalou (Darida 84′), Selke

Borussia Dortmund: Buerki, Piszczek, Sokratis, Toprak, Toljan, Weigl, Pulisic (Yarmolenko 85′), Goetze (Isak 67′), Kagawa, Sancho, Schuerle

(mfi/mfi)


NO COMMENTS