Munich – Sebuah studi mengungkap seberapa lama seorang bek di sebuah klub Bundesliga. Rata-rata ternyata tak sampai 2 tahun.

Menurut studi dari kicker, yang dikutip ESPNFC, para pemain Bundesliga rata-rata bertahan di sebuah klub selama 1,95 tahun saja.

Untuk musim 2017/2018, total ada 471 pemain yang terikat kontrak dengan 18 klub di kompetisi teratas liga Jerman tersebut. Cuma enam di antaranya yang dapat menjaga pemainnya, secara rata-rata, lebih dari dua tahun.

Bayern Munich memuncaki daftar itu. Rata-rata pemainnya bertahan selama 3,28 tahun. Nama Manuel Neuer, David Alaba, Thomas Muller, Arjen Robben, dan Franck Ribery termasuk ke dalam anggota skuat dengan durasi lama di klub tersebut.

Berikutnya ada Borussia Dortmund, yang anggota skuatnya bertahan di klub selama rata-rata 2,64 tahun. Dortmund juga punya pemain dengan durasi paling lama yakni Roman Weidenfeller. Penjaga gawang 37 tahun itu bergabung dari Kaiserslautern pada 2002.

Borussia Moenchengladbach, Bayer Leverkusen, Hertha Berlin, dan FC Koeln menjadi tim-tim lain yang anggota skuatnya memiliki rata-rata bertahan di atas dua tahun.

Di bagian paling bawah daftar ini ada Stuttgart, yang para pemainnya rata-rata cuma bertahan 1,03 tahun. Berikutnya ada Wolfsburg dengan rata-rata 1,34 tahun.

“Wajar saja ada fluktuasi lebih besar ketika menghadapi ancaman degradasi. (Juga) ketika ada pelatih baru, yang memiliki gagasan-gagasan berbeda,” kata Thomas Eichin, mantan direktur sport Werder Bremen.

Kicker juga menyusun daftar transfer Bundesliga selama tujuh periode terakhir. Dimulai dari musim panas 2014, Bayern sudah menjual dan membeli masing-masing 29 pemain. Mainz dua kali lipat lebih banyak dengan 59 pemain masuk dan 59 yang keluar.

(krs/cas)

NO COMMENTS