Munich – Bayern Munich berhasil melangkah ke perempatfinal DFB Pokal. Hasil itu diraih usai mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-1.

Bayern menjamu Dortmund di Allianz Arena, Kamis (21/12/2017) dinihari WIB, dalam babak 16 besar DFB Pokal. Peluang pertama didapat Bayern pada menit keenam lewat James Rodriguez.

Franck Ribery dari sisi kiri memberi umpan ke James untuk langsung melepaskan tembakan, namun belum berbuah gol setelah bola dapat diblok bek Dortmund.

Selang dua menit kemudian Bayern kembali nyaris membobol gawang Dortmund. Arturo Vidal melepaskan umpan lambung ke jantung penjagaan lawan. Bola mendarat di Robert Lewandowski, yang langsung melepaskan tembakan dari jarak dekat. Sial untuk Lewandowski, bola bisa dimentahkan penjaga gawang Roman Buerki.

Gol baru untuk Bayern baru tercipta di menit ke-12. James melepaskan umpan dari tendangan bebas ke dalam kotak penalti Dortmund. Bola disundul Niklas Suele, namun masih membentur tiang dan bola rebound disambar dengan sundulan Jerome Boateng. Boateng, yang meluncur ke dalam gawang lawan. 1-0 Bayern memimpin.

Setengah jam laga berjalan, Dortmund masih kesulitan keluar dari tekanan. Sementara itu, Bayern dengan nyaman mengurung penjagaan tim tamu.

Dortmund baru bisa mengancam penjagaan Bayern di menit ke-35. Andriy Yarmolenko mendapat umpan bagus dari rekannya usai melewati David Alaba. Pemain asal Ukraina itupun melepaskan tembakan dari jarak dekat. Namun, belum berhasil setelah bola berhasil dibuang pemain lawan yang ada di depan garis gawang.

Bayern berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-40. Mueller melepaskan umpan ke arah Lewandowski untuk kemudian mencari ruang kosong. Lewandowski pun mengembalikan bola kepada rekannya itu sebelum melepaskan tembakan dari sudut sempit. Skor tersebut bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua permainan Dortmund bisa lebih membaik. Tekanan pertama mereka lancarkan lewat Sinji Kagawa, yang melakukan tusukan dari sisi kiri ke tengah untuk melepaskan tembakan. Namun, belum berbuah gol setelah bola melambung di atas mistar gawang.

Dortmund sukses memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 di menit ke-77. Kagawa yang bergerak dari sisi kiri berhasil menipu Joshua Kimmich dan melepaskan umpan silang. Bola mengarah ke Yarmolenko dan langsung disambar dengan tandukan untuk merobek jala gawang Bayern.

Bayern sedikit mulai bangkit setelah gol Yarmolenko. Peluang emas dihasilkan pada menit ke-83 lewat umpan Kingsley Coman, yang dilanjutkan dengan percobaan Corentin Tolisso ke gawang Dortmund. Hanya saja bola yang nyaris masuk ke gawang berhasil disapu Omer Toprak.

Hingga laga usai tak ada gol tambahan. Skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Bayern.

Susunan pemain:

Bayern Munich: Ulreich; Kimmich, Boateng, Suele, Alaba; Martinez (Rudy 87′); Mueller, James (Tolisso 75′), Vidal, Ribery (Coman 61′); Lewandowski.

Borussia Dortmund: Buerki; Bartra (Dahoud 34′), Sokratis, Toprak, Toljan (Isak 88′), Weigl, Guerreiro (Schuerrle 56′), Schmelzer; Kagawa; Yarmolenko, Pulisic.

(ran/raw)


NO COMMENTS