Munich – Carlo Ancelotti baru saja dipecat Bayern Munich. Ini meneruskan tren Ancelotti yang kerap dipecat usai sukses di musim perdananya.

Ancelotti mulai diangkat menjadi pelatih Bayern pada 20 Desember 2015. Namun, dia baru resmi bekerja Juli tahun lalu untuk menggantikan Pep Guardiola. Di musim perdanannya dia mempersembahkan trofi Bundesliga 2016/2017 dan Piala Super Jerman.

Perjalanan Ancelotti di musim kedua harus berakhir kelam. Dia resmi dipecat pada Kamis (28/9/2017), setelah performa Bayern Munich di awal musim ini tak sesuai harapan. Lambatnya laju Bayern di Bundesliga dan kekalahan telak dari Paris Saint-Germain jadi penyebab keputusan itu.

Bayern di liga kini tertahan di posisi ketiga klasemen dengan 13 poin, selisih tiga angka dari Borussia Dortmund di puncak. Bayern Munich sendiri sudah sekali takluk saat ditaklukkan Hoffenheim.

Pemecatan di musim keduanya bersama sebuah klub bukan kali pertama dirasakan Ancelotti. Saat membesut The Blues, Ancelotti merasakan kegetiran serupa. Ditunjuk menggantikan Guus Hiddink pada 2009, Ancelotti langsung mempersembahkan tiga trofi di musim perdananya, yakni Community Shield, Premier League, dan Piala FA.

Di musim kedua yakni di 2010/2011, Ancelotti sebenarnya mampu membuat The Blues berlari kencang di Premier League. The Blues selalu memetik kemenangan dengan menorehkan 21 gol dan kebobolan satu kali di beberapa pekan awal. Tapi selepas itu performa Si Biru cenderung menurun dan pada akhirnya gagal melindungi gelar liga.

Ancelotti akhirnya dipecat hanya beberapa saat usai laga pekan terakhir kontra Everton yang berakhir kekalahan 0-1 untuk The Blues. Di musim keduanya, Ancelotti tak mampu memberikan satupun trofi.

Pria asal Italia itu merasakan pemecatan yang serupa untuk kedua kalinya saat melatih Real Madrid. Datang di musim panas 2013, Ancelotti menyudahi puasa gelar Liga Champions Madrid usai membawa klub itu mengalahkan Atletico Madrid di final 2013/2014.

Itu adalah gelar La Decima Madrid atau yang pertama sejak terakhir pada 2002. Tak cuma itu, Ancelotti juga sukses merengkuh gelar Copa del Rey.

Musim keduanya tampak berjalan sangat baik di awal-awal. Itu ditandai dengan gelar Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub yang disabet Los Blancos.

Tapi, pada kenyataannya Ancelotti harus didepak pada akhir musim 2014/2015 usai takluk bersaing dengan Barca dan tersingkir di semifinal Liga Champions. Posisinya kemudian digantikan oleh Rafael Benitez.

Setelah dipecat Bayern, kira-kira mau ke mana Ancelotti? Rumor yang kencang beredar menyebut pelatih asal Italia itu tengah didekati klub Liga Super China.

(mrp/fem)


NO COMMENTS