London – Arsene Wenger mengklaim jika Granit Xhaka adalah perekrutan tepat The Gunner di musim ini. Pemain asal Swiss itu dinilai fokus dan konsisten.

The Gunner berhasil mendatangkan Xhaka pada 25 Mei 2016 dari Borussia Moenchengladbach dengan harga 35 juta poundsterling. Kehadirannya tak lepas sebagai salah satu bagian dalam upaya menambal lini tengah setelah Mikel Arteta dan Tomas Rosicky pergi.

Dua pertandingan pertamanya bersama The Gunner tidak bagus-bagus amat. Kala itu Meriam London bertekuk lutut 3-4 dari The Reds dan setara 0-0 dari Leicester City.

Namun, perlahan performanya meningkat. Dia tampil baik di lini tengah meski sesekali masih bikin kesalahan dengan tekel yang berujung ganjaran kartu merah langsung saat menghadapi Swansea City dan Burnley.

Xhaka saat ini diklaim Wenger sebagai rekrutan yang tepat di musim panas lalu. Pemain 24 tahun itu dianggap selalu konsisten disetiap laga. Namun, hal tersebut berbanding terbalik dengan pencapaian The Gunner di Premier League yang masih duduk di posisi lima.

Jika merujuk dari data Whoscored, Xhaka punya catatan tekel terbanyak kedua di skuat The Gunner musim ini. Dia tercatat sudah mengoleksi 74 tekel dengan 40 di antaranya dia lakukan dalam upaya menghentikan dribel lawan.

“Saya pikir hari ini Anda bisa mengatakan bahwa dia (Xhaka) sukses karena dia semakin kuat dalam setiap pertandingan, dan dia juga memiliki fokus bagus dan konsisten,” kata Wenger seperti dikutip Mirror.

“Dia tampil setiap hari dalam latihan dengan komitmen penuh. Dia punya fokus yang sangat bagus, setiap hari – yang bisa Anda bicarakan mengenai seluruh pemain tengah kami,” sambungnya.

Xhaka sejauh ini juga tercatat membuat passing terbanyak di The Gunner dengan 2155 kali dan 1763 di antaranya umpan pendek yang akurat. Jumlah ini jadi penegas bahwa dia sosok jenderal di lini tengah yang punya tugas mengatur ritme permainan The Gunner.

“Dia tidak pernah melewatkan sesi latihan dan itu mengapa dia telah meningkat sepanjang musim ini,” tegas The Professor.

(din/fem)


NO COMMENTS