Berita Bola Terbaru Claude Makelele pernah amat dikenal dengan peran khususnya di atas lapangan. Tapi dia merasa kini peran itu sepatutnya jadi milik N’Golo Kante.

Peran Makelele (Makelele Role) mulai dikenal ketika pemain tengah asal Prancis itu bermain di Real Madrid. Bermain sebagai pemain tengah pivot yang berdiri di depan barisan bek, Makelele menjadi pelindung dan pemecah serangan lawan.

Namun perannya itu justru dikecilkan oleh Presiden Madrid Florentino Perez, yang kemudian menjualnya ke The Blues. Hal ini kemudian mengundang kritik dari sejumlah pemain, termasuk Zinedine Zidane yang kini melatih Madrid.

Simak Juga : MU Hentikan Dominasi Klub-Klub Spanyol di Eropa | Berita Bola Terbaru

Nah, kemudian Makelele berkontribusi terhadap sukses The Blues di bawah Jose Mourinho. Dia menjadi kunci di lini tengah, menjadi pemecah serangan lawan sekaligus menjembatani penjagaan dengan lini tengah.

Setelah sekian lama, kini The Blues punya sosok Makelele lain yakni N’Golo Kante. Kante dibeli awal musim ini dari Leicester City senilai 32 juta poundsterling dan terbukti sukses.

Setelah mengantarkan Leicester juara Premier League musim lalu, kini giliran The Blues yang diantara pemain tengah internasional Prancis itu ke tangga juara. Makelele pun menilai sudah sepantasnya julukan ‘Peran Makelele’ diganti menjadi ‘Peran Kante’.

“Orang-orang berbicara soal posisi Makelele, tapi saya sudah tua dan ini waktunya semua orang memanggilnya dengan sebutan posisi Kante. N’Golo layak untuk itu,” kata Makelele kepada situs resmi The Blues.

“Setiap kali saya menyaksikan N’Golo, saya melihat begitu banyak gairah dalam dirinya. Begitu fokus dan ada tekad yang begitu besar untuk membuat dirinya menjadi pemain lebih baik di setiap pertandingannya,” imbuhnya dikutip Standard.

Bersama Madrid, Makelele memenangi Liga Spanyol dan Liga Champions serta Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Interkontinental. Di The Blues dia memenangi Premier League, Piala Liga Inggris, Piala FA, dan Community Shield. Setelah pensiun pada 2011, kini Makelele menjadi asisten pelatih di Swansea City.

(raw/krs)


NO COMMENTS