London – Tottenham Hotspur unggul 1-0 atas Stoke City pada babak I laga di Wembley, Sabtu (9/12/2017) malam WIB. Keunggulan itu didapat Spurs berkat gol bunuh diri.

Jalannya Pertandingan

Spurs langsung menekan dengan agresif selepas kick-off. Tapi beberapa serangan yang dibangun terputus karena kesalahan kontrol atau umpan yang kurang akurat.

Percobaan pertama dicatatkan Spurs di menit ke-12. Son Heung-min melakukan tusukan dari sisi kiri dan bergerak memotong ke tengah, sebelum akhirnya melepas sepakan. Tapi tendangannya masih terlampau lemah sehingga mudah diamankan Jack Butland.

Di menit ke-21, gol tercipta. Spurs memetik keunggulan lewat gol bunuh diri Ryan Shawcross. Umpan silang Son ke depan gawang mengenai kaki Shawcross, yang tengah berupaya memblok Dele Alli dari menyambut bola. Bola berbelok masuk ke gawang dan Spurs unggul.

Empat menit berselang, Spurs punya kans bagus dari serangan balik. Mendapatkan bola dari situasi sepak pojok Stoke, Son menggiring bola sampai kotak penalti Stoke. Pemain asal Korea Selatan itu memutuskan melepaskan sepakan meski ada sejumlah rekannya di posisi lain. Tendangannya bisa ditepis Butland.

Peluang lain untuk Spurs di menit ke-27, kali ini dari situasi tendangan bebas. Christian Eriksen mengarahkan tendangan langsung ke sisi kiri gawang, memaksa Butland menepis bola sambil menjatuhkan diri.

Tekanan dari Spurs terus diterima Stoke. Pada menit ke-32, Mousa Dembele merangsek dari tengah dan melepaskan sepakan mendatar nan keras. Butland sigap menghalau.

Umpan terobosan dari Son diterima Harry Kane dalam posisi lolos dari jebakan offside dan leluasa menghadapi penjaga gawang di menit ke-36. Namun sepakannya melebar tipis saja ke sebelah kiri gawang.

Son mencoba melepaskan tendangan voli dari sisi kiri kotak penalti pada menit ke-41. Namun upayanya berakhir melambung jauh di atas gawang.

Sampai babak pertama selesai, tak ada lagi gol yang tercipta.

Susunan pemain:

Spurs: Lloris; Trippier, Dier, Vertonghen, Davies; Winks, Dembele; Eriksen, Alli, Son; Kane

Stoke: Butland, Edwards, Zouma, Shawcross (C), Wimmer, Pieters; Fletcher, Allen; Choupo-Moting, Shaqiri; Diouf

(raw/cas)


NO COMMENTS