Burnley – The Gunner harus bersusah payah untuk menaklukkan Burnley di lanjutan Premier League. The Gunner butuh penalti Alexis Sanchez di akhir injury time untuk unggul 1-0.

Dalam pertandingan di Turf Moor, Minggu (26/11/2017) malam WIB, The Gunner turun dengan susunan pemain yang berbeda dari laga melawan Cologne. Namun tak ada nama Mesut Oezil di dalam skuat The Gunner karena pemain tengah asal Jerman itu sedang sakit.

Meski laga berjalan relatif terbuka di babak pertama, kedua tim sama-sama tak mampu mencetak gol. Baru di paruh kedua, The Gunner menaikkan tempo permainan.

Tekanan yang dilancarkan The Gunner menghasilkan penalti di menit ke-92. Sanchez sukses mengeksekusi penalti untuk memberi poin penuh untuk The Gunner.

Atas kemenangan ini, The Gunner naik ke urutan empat menyalip Tottenham Hotspur dengan 25 poin dari 13 pertandingan. Sedangkan Burnley masih tertahan di posisi ketujuh dengan 22 poin.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan relatif terbuka sejak awal. Kedua tim saling bergantian menyerang. Burnley tak ragu untuk menekan lewat umpan-umpan silang meski masih bisa diatasi oleh barisan penjagaan The Gunner. Sementara itu, ketiadaan Oezil membuat serangan The Gunner kurang menggigit.

Peluang terbaik untuk Burnley datang di menit ke-16. Di dalam kotak penalti, Johann Berg Gudmundsson memperdaya Nacho Monreal dan kemudian melepaskan tembakan. Sial bagi Gudmundsson, bola sempat ditepis Petr Cech dan membentur tiang gawang.

The Gunner gantian mendapat peluang bagus empat menit kemudian. Umpan Alexandre Lacazette dari sisi kiri mengarah ke Aaron Ramsey yang ada di kotak penalti. Tapi tendangan Ramsey masih melambung di atas mistar gawang.

Burnley mendapat kans untuk mencetak gol usai memperoleh tendangan bebas di depan kotak penalti The Gunner. Robbie Brady mengarahkan tendangannya ke pojok kanan atas, tapi bola bisa ditepis oleh Cech.

Sampai babak pertama usai, tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim.

The Gunner menaikkan tempo permainan di babak kedua. Tapi Burnley juga tampil solid dalam bertahan.

Lacazette melepaskan tembakan on target pertama The Gunner di laga ini di menit ke-51. Tapi upaya striker Prancis itu masih mengarah tepat ke Nick Pope. Di sisi lain, Cech juga melakukan penyelamatan bagus terhadap tembakan Gudmundsson.

Peluang untuk The Gunner didapat Jack Wilshere yang mendapat ruang di depan kotak penalti. Wilshere melepaskan tembakan, tapi membentur pemain Burnley. Beruntung bagi penjaga gawang Burnley, Nick Pope, bola melenceng dari gawangnya.

Saat laga seperti akan berakhir setara tanpa gol, drama justru terjadi di detik-detik terakhir dua menit masa injury time yang diberikan wasit. The Gunner mendapat hadiah penalti setelah Ramsey dijatuhkan James Tarkowski. Meski para pemain Burnley melakukan protes, wasit tetap pada keputusannya.

Sanchez yang maju sebagai eksekutor sukses mengonversi penalti menjadi gol. Tak lama kemudian, wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain

Burnley: Pope; Lowton, Tarkowski, Mee, Ward; Gudmundsson, Hendrick, Cork, Defour (Wood 78′), Brady; Barnes

The Gunner: Cech; Mustafi, Koscielny, Monreal; Bellerin, Ramsey, Xhaka, Kolasinac; Iwobi (Wilshere 67′), Sanchez; Lacazette (Welbeck 79′)

(nds/mfi)


NO COMMENTS