Hebei – Mantan manajer Manchester City Manuel Pellegrini menilai musim lalu jadi peringatan bagi Pep Guardiola tentang sulitnya Premier League. Meski demikian dia yakin Pep akan sukses.

Pellegrini menangani City pada 2013-2016. Di musim pertamanya, manajer asal Chile itu membawa City menjuarai Premier League. Dia juga mengantar City mencapai prestasi terbaiknya di Liga Champions dengan menembus semifinal pada 2015/2016.

Pellegrini kemudian digantikan oleh Pep sejak musim lalu. Menilik prestasinya di Barca dan Bayern Munich, manajer asal Spanyol itu pun disambut dengan harapan tinggi di Etihad Stadium.

Tapi Pep tak mampu mempersembahkan satu gelar pun untuk City di musim pertamanya. Sementara di Premier League, Sergio Aguero dkk. dibawanya finis di posisi ketiga. Di Liga Champions, langkah City juga cuma sampai babak 16 besar.

Pellegrini menilai kesulitan yang dialami Pep di musim pertamanya di City menunjukkan beratnya kompetisi di Premier League. Tapi Pellegrini menyebut Pep sebagai orang yang tepat untuk menangani City.

“Saya pikir kerja saya selama tiga tahun di sana jadi lebih dihargai setelah apa yang dilakukan City musim lalu,” Pellegrini mengatakan kepada Futbol Tactico seperti dilansir ESPN FC.

“Tidak mudah menjuarai Premier League dan mencapai semifinal Liga Champions. Mungkin banyak yang berpikir bahwa dengan kedatangan Pep, City akan juara dengan margin 15 poin, dan di Inggris tidak seperti itu.”

“Saya tidak punya keraguan dia akan bekerja dengan baik karena Pep adalah salah satu pelatih terbaik yang ada saat ini. Tapi Premier League lebih kompetitif daripada liga-liga lainnya dan tidak mudah untuk memenangi segalanya,” kata pelatih yang kini menangani Hebei China Fortune itu.

(nds/mfi)

NO COMMENTS