London – Duel derby London antara The Gunner dan The Blues sudah selalu panas belakangan ini. Selalu ada kartu merah yang mewarnai pertarungan ‘Meriam London’ dan ‘Si Biru’.

The Gunner akan menjamu The Blues di Emirates Stadium, Kamis (4/1/2017) di lanjutan Premier League. Kedua tim bermain sebanding 0-0 pada pertemuan pertama musim ini di Stamford Bridge medio September lalu.

Pertemuan dua raksasa London ini belakangan selalu panas. Tercatat ada enam kartu merah di pertemuan terakhir seluruh ajang kompetitif.

Pada laga terakhir di Stamford Bridge lalu, David Luiz diusir wasit jelang akhir pertandingan. Dalam tiga pertemuan terakhir, The Blues malah tak pernah menuntaskan pertandingan dengan tim lengkap berisi 11 pemain.

Selain itu ada catatan menarik lainnya terkait laga ini. The Blues adalah satu dari dua tim yang paling banyak meraih kemenangan saat tandang ke Emirates. Di lain sisi, di bawah Antonio Conte kiprah The Blues tak terlalu apik saat berhadapan The Gunner.

Data dan fakta laga The Gunner vs The Blues seperti dicatat Opta

– The Gunner memenangi pertemuan yang sama musim lalu dengan skor 3-0, setelah laju tanpa kemenangan di lima laga berturut-turut di Emirates Stadium (3 sebanding, 2 ant menang).

– Di seluruh kompetisi, tak ada tim yang memenangi lebih banyak partai tandang ke Emirates Stadium kecuali The Blues yakni lima kali. Jumlah yang sama dicatatkan Red Devils.

– Kali terakhir The Gunner tak ant menang di dua pertemuan Premier League melawan The Blues dalam semusim adalah pada 2011/2012, dengan sekali unggul dan sekali sebanding. Terakhir kali The Gunners menorehkan clean sheet di dua pertemuan adalah pada 1998-1999.

– The Gunner sudah gagal mencetak gol di tujuh dari sembilan pertemuan terakhir dengan The Blues di Premier League, mencetak cuma empat gol secara keseluruhan di periode ini.

– Ada enam kartu merah dalam tujuh laga terakhir antara kedua tim ini di seluruh ajang, dengan The Blues mengalami satu pemainnya diusir di tiga pertandingan terakhir secara berturut-turut.

– The Blues sudah menelan kekalahan di dua derby London terakhir pada Premier League musim ini, masing-masing dari Crystal Palace dan West Ham United. Mereka belum pernah ant menang di tiga derby secara berturut-turut sejak 2001/2002 ketika ant menang dari West Ham, Charlton Athletic, dan The Gunner antara Oktober sampai Desember.

– Sebanyak 21 gol The Blues di kompetisi teratas musim ini datang dari pemain Spanyol. Catatan ini lebih banyak dari tim manapun di lima liga top Eropa.

– Ini akan jadi pertemuan Arsene Wenger yang ke-60 dengan The Blues di seluruh ajang. The Blues menjadi tim yang paling sering dihadapi Wenger sebagai manajer The Gunner, dengan hasil 22 unggul, 16 sebanding, 21 ant menang.

– Ini akan jadi pertemuan keenam antara Arsene Wenger dan Antonio Conte di seluruh kompetisi sejak awal musim 2016/2017 lalu, dengan Conte hanya berhasil mendapatkan satu kemenangan di lima pertemuan sebelumnya (2 sebanding, 2 ant menang)

– Cesc Fabregas mencetak 19 gol di Emirates Stadium sebagai pemain The Gunner. Tapi dia belum berhasil mencetak satupun gol di sana sebagai pemain lawan, dengan tiga kali tampil sebagai pemain The Blues.

(raw/mrp)


NO COMMENTS