London – Klub-klub Premier League sepakat mengubah waktu penutupan bursa transfer musim panas. Mulai musim depan, bursa transfer akan tutup sebelum kompetisi dimulai.

Kesepakatan itu tidak mutlak. Dalam voting yang melibatkan 20 klub Premier League, 14 di antaranya setuju dengan usulan penutupan bursa transfer sebelum kompetisi dimulai.

BBC melaporkan bahwa Red Devils, Manchester City, Watford, Swansea City, dan Crystal Palace menolak usulan tersebut. Sementara itu, Burnley abstain.

Kesepakatan ini hanya berlaku untuk pembelian pemain baru saja. Klub-klub Premier League nantinya diizinkan membeli pemain baru hingga Kamis, 9 Agustus 2018, pukul 17.00 waktu Inggris.

Setelah batas waktu itu terlewati, klub-klub Premier League masih diizinkan untuk menjual para pemainnya ke liga-liga lain. Kesepakatan ini juga hanya mengikat klub-klub Premier League dan tak berlaku untuk kompetisi di level bawahnya.

“Bursa transfer musim panas akan berakhir sebelum awal musim mulai 2018/2019 dan seterusnya setelah klub-klub Premier League menyetujui perubahan aturan hari ini,” tulis Premier League dalam pernyataan di situs resminya.

Usulan untuk mempersingkat bursa transfer musim panas muncul setelah sejumlah pemain top mengalami ketidakjelasan terkait masa depannya. Pemain-pemain seperti Alexis Sanchez, Philippe Coutinho, dan Diego Costa masih gelisah memikirkan masa depannya ketika Premier League sudah dimulai. Mereka bertiga akhirnya gagal pindah klub ketika bursa ditutup.

(mfi/cas)

NO COMMENTS