Manchester – Red Devils memetik hasil sebanding ketiga kalinya secara berturut-turut di Premier League. Menjamu Southampton, MU bermain 0-0 di hadapan suporternya sendiri.

Bermain di Old Trafford, Minggu (31/12/2017) dinihari WIB, MU tampil kurang gereget. Meski dominan, ‘Setan Merah’ tak mampu mengkreasi serangan-serangan yang cemerlang.

MU menguasai bola sebesar 55%, melepaskan 15 tembakan. Tapi cuma tiga dari percobaan itu yang tepat target. Sementara Soton punya delapan upaya di mana tiga di antaranya mengarah ke gawang.

Ini jadi hasil sebanding ketiga secara berturut-turut untuk MU di Premier League, setelah lawan Leicester City dan Burnley. Di seluruh ajang, skuat besutan Jose Mourinho kini sudah empat partai berturut-turut tanpa kemenangan.

Dengan hasil ini, MU juga dipastikan turun ke posisi tiga dengan nilai 44 dari 21 laga. Mereka tergusur oleh The Blues yang kini menempati urutan dua dengan 45 poin. Sementara Soton ada di tempat ke-13 dengan 20 angka.

Jalannya Pertandingan

MU langsung mendapatkan peluang di menit keempat. Paul Pogba mengirimkan umpan lambung terukur ke Juan Mata di sisi kanan. Mata melepaskan crossing dan ditanduk Romelu Lukaku, tapi cuma melesat tipis di atas gawang Soton.

Soton merespons pada menit ketujuh. James Ward-Prowse menyambut umpan tarik dari kanan dan bola ditepis dengan baik oleh David de Gea. Sofiane Boufal mencoba menyambar bola pantulan tapi sudah terperangkap offside.

Di menit ke-8, Lukaku terkapar setelah kepalanya berbenturan dengan kepala Wesley Hoedt. Setelah ditangani dengan sangat hati-hati oleh tim medis, striker MU itu digantikan oleh Marcus Rashford.

MU mengalami kejadian berbahaya di menit ke-22 saat menghadapi situasi sepak pojok. Umpan lambung Ward-Prowse disambar Hoedt yang tak terkawal. Beruntung bagi MU sundulan Hoedt melebar.

Rashford kehilangan momentum dalam sebuah serangan balik yang dibangun MU pada menit ke-27. Bola yang dikuasainya terlepas dan memicu kemelut di penjagaan Soton. Mata menyambar bola liar, namun tertepis oleh Alex McCarthy.

MU mengklaim penalti pada menit ke-33, setelah aksi Jesse Lingard membuat bola mengenai tangan Maya Yoshida. Tapi wasit Craig Pawson tak meniup peluit dan membiarkan permainan terus berjalan.

Henrikh Mkhitaryan melakukan tusukan di sisi kiri dan mengakhirinya dengan umpan silang. Bola disambut sundulan Lingard, tapi kontaknya tak terjadi secara sempurna. Hasil akhirnya cuma melebar.

Di akhir babak pertama, Nemanja Matic melakukan percobaan jarak jauh. Hanya saja tembakannya tepat mengarah ke McCarthy. Babak pertama berakhir tanpa gol.

MU nyaris kemasukan di menit ke-50. Shane Long menyontek umpan terobosan dari Ward-Prowse dan susah payah dihalau De Gea dengan kakinya.

Sebuah tembakan dari Mkhitaryan di menit ke-57 belum membuahkan hasil, bisa diamankan oleh McCarthy. Percobaan Ashley Young dari tendangan bebas juga gagal, melebar setelah lebih dulu membentur pagar pemain.

Soton punya kesempatan lain di menit ke-71, kala Tadic menerima umpan Boufal dalam posisi bebas di dalam kotak penalti. Tandukannya melambung.

Pada menit ke-81, MU mencetak gol lewat Pogba dari situasi kemelut selepas tendangan bebas. Tapi wasit tak mengesahkannya karena hakim garis membubuhkan Pogba dalam posisi offside.

MU terus menekan Soton dengan gencar, tapi tak mampu menciptakan peluang berarti. Sampai akhir pertandingan tak ada gol yang berhasil tercipta, baik dari MU maupun tamunya.

Susunan pemain:

MU: De Gea; Shaw, Jones, Lindelof, Young; Matic, Pogba; Lingard, Mkhitaryan (Martial 65′), Mata; Lukaku (Rashford 14′)

Southampton: McCarthy; McQueen, Hoedt, Yoshida, Stephens; Romeu; Boufal (Redmond 85′), Hojbjerg, Ward-Prowse, Tadic (Lemina 82′); Long (Gabbiadini 80′)

(raw/rin)


NO COMMENTS