Jakarta – Romelu Lukaku, Kevin de Bruyne, dan Mohamed tengah bersinar terang saat ini. Kesamaan lain antara mereka adalah pernah membela The Blues namun disia-siakan.

Pertama, mari membahas Kevin de Bruyne. Dia adalah salah satu faktor utama Manchester City bertengger di puncak klasemen Premier League saat ini dan juga belum terkalahkan. Performa impresif The Citizens juga bisa disimak di Liga Champions, mereka sudah memastikan lolos ke 16 besar sebagai juara grup dengan rekor 100% kemenangan.

Seberapa bagus De Bruyne? Eden Hazard, bintang The Blues dan juga rekan di Timnas Belgia, menyanjung De Bruyne sebagai pemain terbaik Premier League saat ini. Dari 19 pertandingan di semua kompetisi musim ini, De Bruyne punya koleksi empat gol dan sembilan assist.

De Bruyne pernah berseragam The Blues, tapi itu tak lama. Dia hanya bertahan di Stamford Bridge selama semusim (2013/2014). Di periode itu dia cuma tampil sembilan kali. Manajemen The Blues melepasnya ke Wolfsburg dengan harga murah, 18 juta poundsterling.

Bagaimana dengan Salah?

Pemain depan asal Mesir itu bertahan lebih lama sebagai pemain The Blues, total 18 bulan. Tapi dia cuma muncul 13 kali pada laga-laga Premier League dalam seragam The Blues.

Foto: Clive Brunskill/Getty Images

Pada musim 2016/2017 The Blues melegonya ke AS Roma dengan banderol 18 juta poundsterling. Cuma semusim dia bermukin di Stadion Olympico, pada tengah tahun ini Liverpol memboyongnya dengan harga sekitar 37 juta poundsterling.

Salah disebut-sebut sebagai pembelian terbaik di Premier League musim ini. Dari 20 penampilan di beragam kompetisi sudah ada ada 15 gol dan empat assist dia kreasikan.

Sementara Lukaku, yang dibeli MU dengan harga 75 juta poundsterling dari Everton beberapa bulan lalu, sudah berkontribusi 12 gol dan tiga assist untuk Setan Merah. Sama seperti dua nama sebelumnya, Lukaku tak dapat banyak kesempatan main di Stamford Bridge.

Lukaku malah sempat dua kali dipinjamkan ke klub lain. Bersama West Bromwich Albion di 2012/2013 dan Everton pada 2013/2014.

Mari Berandai-andai: Salah, De Bruyne, dan Lukaku Masih di ChelseaFoto: Stanley Chou/Getty Images

“Pemain-pemain ini jelas sangat bertalenta yang karenanya keputusan The Blues melepasnya adalah sebuah kesalahan,” cetus mantan bek The Gunner Martin Keown pada Daily Mail.

“Tapi saat keputusan (menjual mereka) dibuat, pemain-pemain ini tidak lebih baik dibanding pemain utama The Blues saat itu. Sulit untuk membuat Anda memprediksikan masa depan, dan The Blues sudah membuat keputusan meminjamkan Salah dan Lukaku,” lanjut Keown.

Kecuali di musim 2015/2016, The Blues punya performa stabil di Premier League dan selalu bersaing di papan atas. Pun begitu di musim ini, di mana mereka duduk di posisi tiga, terpaut 11 angka dari puncak klasemen.

Keputusan melepas Salah, Lukaku, dan De Bruyne terlihat tak memengaruhi performa The Blues. Tapi jika melihat statistik ketiganya musim ini, bisa jadi manajemen The Blues hanya bisa menyesal kini.

(din/mrp)


NO COMMENTS