Manchester – Cedera yang dialami John Stones membuka peluang bagi Eliaquim Mangala untuk main lebih sering di Manchester City. Akan tetapi, Mangala juga tahu diri dan realistis soal situasinya di City.

Stones diprediksi akan absen hingga awal tahun depan setelah mengalami cedera hamstring pada pertandingan melawan Leicester City, Sabtu (18/11/2017). Selama Stones menepi, manajer Pep Guardiola harus mencari partner untuk Nicolas Otamendi di lini belakang.

Vincent Kompany akan menjadi pilihan pertama Guardiola. Kebetulan, Kompany sudah fit setelah absen cukup lama akibat cedera betis.

Akan tetapi, Kompany punya riwayat cedera yang panjang dan terlalu berisiko jika dia dimainkan terus-terusan. Padahal, City sudah ditunggu 12 pertandingan hingga akhir tahun 2017.

Hal itu membuat peluang Mangala terbuka. Bek asal Prancis itu sampai saat ini sangat jarang bermain dan baru tampil empat kali di semua kompetisi musim ini.

“Sepakbola seperti itu. Anda harus berusaha memanfaatkan kesempatan yang Anda peroleh. Kita tahu di semua kompetisi kami memerlukan lebih dari 11 pemain,” ujar Mangala di Soccerway.

“Ini bukan cuma soal saya. Setiap pemain harus siap ketika mereka punya kesempatan untuk main,” tuturnya.

Mangala, 26 tahun, sebenarnya dibeli mahal dari Porto pada 2014 lalu. Namun, performanya inkonsisten dan tak memenuhi harapan para suporter City. Hal itulah yang membuat dia dipinjamkan ke Valencia pada musim lalu.

Di bursa transfer musim panas lalu, City berusaha menjual Mangala ke Crystal Palace. Akan tetapi, transfer batal terealisasi dan si pemain tetap bertahan di Etihad Stadium.

“Ini tak terlalu rumit karena saya sangat realistis. Saya tahu apapun bisa terjadi dalam sepakbola. Hari ini saya di sini, tapi mungkin dalam dua bulan, di musim panas, satu tahun, saya tak akan di sini lagi. Anda tak pernah tahu,” ujar Mangala.

“Saya berada di skuat dan di klub ini. Saya akan berusaha membantu rekan-rekan setim saya, bahkan ketika saya tak bermain. Kami punya tujuan bersama, yaitu memenangi titel. Saya ingin memenangi titel meski saya akan lebih sedikit bermain,” katanya.

(mfi/cas)


NO COMMENTS