London – Tottenham Hotspur meraup angka penuh secara meyakinkan. Menjamu Everton, Tottenham tampil impresif untuk memetik kemenangan telak dengan skor akhir 4-0.

Bermain di Stadion Wembley, Minggu (14/1) dinihari WIB, Spurs membuka keunggulan berkat gol Son Heung-min yang menjadi pembeda kedua tim hingga paruh pertandingan. Setelah turun minum, tim tuan rumah semakin agresif sehingga berhasil menggelontorkan tiga gol tambahan melalui Harry Kane (dua gol) dan Christian Eriksen.

Kemenangan ini memang tak menaikkan posisi Spurs di klasemen sementara. Spurs masih di posisi kelima dengan koleksi 44 poin, sama dengan The Reds di atasnya yang baru akan bertanding melawan Manchester City nanti malam.

Everton berada di urutan kesembilan dengan perolehan 27 poin.
[Gambas:Sportradar]

Peluang penting pertama Tottenham tercipta di menit ke-15 usai tembakan Son melambung di atas mistar gawang Everton. Tujuh menit berselang, gol Wayne Rooney untuk Everton dianulir karena dianggap offside.

Agresi Tottenham akhirnya menciptakan gol pembuka di menit ke-26. Dari sisi kiri penjagaan Everton, Serge Aurier melepaskan umpan silang yang dengan mudah disontek Son dari depan gawang. Spurs memimpin 1-0.

Setelah turun minum, tidak butuh waktu lama bagi Tottenham untuk memperbesar skornya. Di menit ke-47, Kane membuat Spurs unggul 2-0, setelah menceploskan bola hasil pergerakan apik Son.

Spurs nyaris menciptakan gol ketiganya lima menit kemudian. Son mengirim umpan kepada Dele Alli, yang dipaksa melebar oleh Jonjoe Kenny sehingga sepakannya cuma bersarang di sisi luar gawang Everton.

Kane akhirnya menciptakan gol keduanya di pertandingan ini untuk membuat Spurs unggul 3-0 di menit ke-59. Eric Dier mengirim umpan silang, yang diselesaikan Kane dengan sepakan dari jarak dekat.

Di menit ke-61, Son hampir saja menambah pundi-pundi golnya. Pemain Korea itu memotong dari sisi kanan lalu melewati penjagaan Everton sebelum mengakhirinya dengan tembakan ke gawang tapi hanya mengenai tiang.

Dua penyelamatan gemilang Pickford di menit ke-77. Sepakan Son ditangkis Pickford dengan kakinya, bola rebound yang dicecar Alli dari depan gawang bisa ditangkap.

Spurs belum puas dengan keunggulan tiga gol. Empat menit kemudian, Christian Eriksen menggenapkan keunggulan tim tuan rumah menjadi 4-0, setelah menyelesaikan bola hasil umpan back-heel Alli.

Susunan Pemain

TOTTENHAM: Lloris, Vertonghen, Aurier, Davies, Davinson Sanchez, Dembele (Sissoko 82′), Eriksen (Lamela 87′), Alli, Dier (Wanyma 75′), Son, Kane

EVERTON: Pickford, Jagielka, Martina, Kenny, Holgate, McCarthy (Schneiderlin 72′), Sigurdsson, Gueye, Rooney, Tosun (Calvert-Lewin 62′), Bolasie (Lennon 59′)

(rin/raw)


NO COMMENTS