Jakarta – Totenham Hotspur hampir pasti gagal jadi juara Liga Inggris. Namun apa yang sudah dilakukan The Lilywhites dinilai sudah sangat maksimal.

Spurs jadi satu-satunya penantang The Blues memperebutkan gelar juara. Hingga pertandingan ke-34 saja, The Lilywhites cuma terpaut empat poin dari The Blues.

Petaka datang di laga ke-35 pada akhir pekan kemarin saat takluk 0-1 dari West Ham. Kondisi itu membuat The Blues bisa melebarkan jaraknya jadi tujuh poin usai membungkam Middlesbrough 3-0, dinihari tadi.

The Blues kini mengoleksi 84 poin dari 35 laga, sementara Spurs 77. Dengan menyisakan tiga pertandingan, ‘Si Biru’ hanya perlu satu kemenangan untuk juara.

Mantan pemain Red Devils yang kini jadi pengamat, Gary Neville, menilai apa yang dilakukan Spurs sudah maksimal.

“Tottenham dan The Reds sudah ada dalam posisi maksimal yang bisa berada. Saya tidak bilang mereka melampaui ekspektasi, tapi mereka sudah lakukan segalanya dengan budget yang mereka punya,” ujar Neville di acara Monday Nigth Football di Sky Sports.

“Saya tahu Tottenham kecewa, mereka sudah sangat total untuk mencoba dan memaksakan adanya perburuan gelar tapi itu tidak terwujud. Saya tidak sepakat dengan teori yang bilang mereka harus memenangi trofi untuk mencapai musim yang sukses.”

“Saya jadi teringat dengan tim Tottenham yang memenangi trofi di era 80-an. Ini adalah tim terbaik Tottenham yang pernah saya lihat. Berpikir soal apa yang dibawa Pochettino beberapa tahun lalu. Dia mempengaruhi ruang ganti. Bagi saya dia sudah bekerja dengan brilian dan harusnya kami bisa merayakan apa yang sudah Totenham lakukan musim ini,” sambungnya.

(din/cas)


NO COMMENTS