London – The Gunner keluar sebagai juara Community Shield 2017. The Gunner berhasil mengalahkan The Blues lewat adu penalti 4-1, setelah bermain setara 1-1 sampai waktu normal.

Bermain di Stadion Wembley, Minggu (6/8/2017) malam WIB, kedua tim bermain tanpa gol di sepanjang babak pertama. The Blues langsung mengejutkan The Gunner dengan menciptakan gol cepat di awal babak kedua untuk memimpin 1-0 lewat gol Victor Moses.

Namun, saat pertandingan memasuki periode kritis The Blues justru bermain tanpa Pedro Rodriguez yang dikartu merah wasit. Hal ini langsung dimanfaatkan The Gunner untuk menciptakan gol balasan dari Sead Kolasinac, untuk memaksakan laga berlanjut ke adu penalti.

Dalam sistem ABBA, The Blues mengambil penalti lebih dulu. Akan tetapi, dari kubu The Blues hanya Gary Cahill yang mampu menjaringkan bola. Sedangkan keempat penendang The Gunner; Theo Walcott, Nacho Monreal, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Olivier Giroud berhasil menceploskan bola.

Jalannya Pertandingan

The Gunner menekan sejak awal permainan. Di menit ketujuh Alex Iwobi mengalahkan penjagaanDavid Luiz sebelum mengirim umpan silang ke depan gawang yang hampir disontek Alexandre Lacazette.

Giliran Danny Welbeck mengancam semenit kemudian. Umpan lambung Granit Xhaka jatuh di kotak penalti, tapi sundulan Welbeck masih terlalu lemah bagi penjaga gawang Thibaut Courtois.

Setelah tertekan, The Blues akhirnya bisa membangun serangan ke daerah penjagaan The Gunner. Umpan panjang Cesc Fabregas menuju jalur Pedro, tapi gagal mengontrol bola dengan tepat sebelum akhirnya dinyatakan offside.

The Gunner menciptakan peluang mencetak gol pertama setelah beberapa lama tertekan. Di menit 23, tembakan melengkung kaki kanan Lacazette mengenai tiang gawang usai meneruskan umpan tarik Welbeck dari sisi kiri.

The Blues menguji Peter Cech di menit 35. Willian mengirim umpan panjang lambung yang diterima Pedro di sisi kiri, untuk diteruskan dengan tembakan dari dalam kotak. Namun, Cech masih terlalu tangguh.

Dua menit kemudian, klaim penalti diserukan The Blues setelah Willian jatuh di kotak. Namun, wasit tidak tertarik dan malah memberinya kartu kuning karena dianggap diving.

The Gunner menciptakan peluang berbahaya lain. Di menit 43, umpan mendatar Oxlade-Chamberlain diterima Iwobi yang berhasil melewati lini belakang The Blues. Akan tetapi, eksekusinya masih mudah bagi Courtois untuk ditangkap.

Sampai waktu babak pertama berakhir, skor 0-0 tetap bertahan.

Kebuntuan langsung terpecah setelah restart. Di menit 47, The Blues membuka keunggulan lewat Victor Moses untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Diawali dari sepak pojok, bola berhasil diamankan lini belakang The Gunner. Tapi bola menuju jalur Gary Cahill yang disambut dengan sundulan ke kotak penalti, Moses berhasil menaklukkan penjagaan Cech dengan tembakan dari jarak dekat.

The Gunner lebih agresif menyerang setelah tertinggal. Mohamed Elneny melepaskan tembakan melengkung dari sisi kanan, tapi bisa ditepis Courtois.

The Gunner masih terus mencoba menggedor penjagaan The Blues. Akan tetapi, para pemain The Blues disiplin dan solid.

Memasuki 10 menit terakhir, The Blues kehilangan Pedro. Ujung tombak Spanyol ini diacungi kartu merah setelah melakukan tekel keras terhadap Elneny.

The Gunner langsung memanfaatkan keunggulan jumlah pemainnya. Di menit 83, pemain baru Senad Kolasinac menyamakan skor usai sundulannya menyambut tendangan bebas Xhaka merobek gawang yang dijaga Courtois. Skor kini 1-1.

Di sisa waktu pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta meskipun The Blues mampu menciptakan peluang dari pemain barunya, Alvaro Morata. Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-1 di waktu normal untuk dilanjutkan ke adu penalti.

Adu Penalti

The Gunner: Walcott (masuk), Monreal (masuk), Oxlade-Chamberlain (masuk), Giroud (masuk)
The Blues: Cahill (masuk), Courtois (melambung), Morata (melebar)

Susunan Pemain

ARSENAL: Cech, Mertesacker (Kolasinac 33′), Nacho, Bellerin, Holding, Xhaka, Elneny, Oxlade-Chamberlain, Welbeck (Nelson 87′), Lacazette (Giroud 66′), Iwobi (Walcott 67′)

CHELSEA: Courtois, Cahill, David Luiz, Azpilicueta, Alonso (Ruediger 79′), Fabregas, Willian (Musonda 82′), Moses, Pedro, Kante, Batshuayi (Morata 74′)

(rin/nds)


NO COMMENTS