Manchester – Josep Guardiola belum bisa menyumbangkan trofi di musim pertama menangani Manchester City. Dia pun mengaku butuh trofi agar bisa lama melatih City.

Musim pertama Guardiola di City tak berjalan mulus. Finis ketiga di Premier League, terhenti di babak keempat Piala Liga Inggris, semifinalis Piala FA, dan babak 16 besar Liga Champions merupakan pencapaian manajer asal Spanyol itu.

Perbaikan penampilan ditunjukkan oleh Guardiola bersama City di musim ini. Mereka melaju sendirian di klasemen Premier League.

Dalam 22 pertandingan yang sudah dijalani, mereka mengumpulkan 62 poin. City sudah unggul 15 angka dari Red Devils, yang merupakan tim posisi dua.

Tak cuma itu, City juga masih bertahan di tiga ajang lainnya, Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Champions. Guardiola pun sudah kepikiran mengenai trofi yang harus dipersembahkan untuk klub Manchester biru.

“Saya tak tahu mengenai apa yang dipikirkan (para pemain tentang kontrak saya). Tapi, komitmen saya selama tahun pertama, periode ini dan tahun berikutnya, tak ada keraguan mengenai itu,” kata Guardiola di Soccerway.

“Saya akan berada di sini satu tahun lagi, dan usai itu kita tunggu saja. Itu tergantung pada apa yang kami unggul dan saya layak untuk memperpanjang kontrak.”

“Saya sangat senang di sini. Tapi, memperpanjang kontrak Anda di klub besar, Anda harus menjadi juara. Andai Anda tak memenangi apapun, Anda tak layak untuk terus lanjut. Saya ingin menjadi juara,” dia menegaskan.

Guardiola memang dikenal sebagai manajer yang hanya mendapatkan kontrak dalam jangka yang pendek. Di Barca dan Bayern Munich, dia hengkang setelah tiga musim.

(cas/cas)


NO COMMENTS