Jakarta – Premier League tinggal menyisakan dua tiket ke Liga Champions. Yang jadi permasalahan, ada tiga klub yang bersaing mendapatkannya. Siapa bakal kecewa di akhir musim nanti?

Titel juara Liga Inggris sudah diamankan The Blues setelah mengalahkan WBA di akhir pekan kemarin. Sehari berselang Tottenham Hotspur mengunci posisi dua klasemen usai menundukkan Red Devils, yang sekaligus menutup kans MU finis di the big four.

Alhasil tinggal dua tiket ke Liga Champions tersisa dari jatah the big four. Ada tiga klub yang masih memperebutkannya, mereka adalah The Reds (main 37, poin 73), Manchester City (main 36, poin 72), dan The Gunner (main 36, poin 69).

City dan The Gunner akan memainkan laga tabungan mereka di tengah pekan ini. The Citizens menjamu WBA, sementara The Gunners menjamu Sunderland.

Secara matematis ketiga klub tersebut masih punya kans lolos. Bagaimana peluangnya:

LIVERPOOL

Nasib The Reds ada di tangan mereka sendiri: jika mereka unggul atas Middlesbrough di pekan terakhir maka mereka dipastikan akan finis di the big four. Tak peduli apapun hasil laga lain.

MANCHESTER CITY

Sama seperti The Reds, City memegang sendiri nasib di tangan mereka. Jika bisa memenangi dua laga tersisa (WBA dan Watford) maka anak asuh Josep Guardiola akan memastikan dapat posisi tiga.

Itu artinya City lolos langsung ke fase grup Liga Champions. Sementara The Reds duduk di posisi empat dan harus melalui fase playoff.

ARSENAL

Bisa dibilang peluang The Gunner paling kecil. Meski mengalami kebangkitan dalam beberapa pekan terakhir, ‘Gudang Peluru’ harus menunggu hasil pertandingan lain untuk mengetahui nasibnya.

The Gunner hanya akan bisa dapat tiket ke the big four jika mereka memenangi dua laga terakhir DAN:
– The Reds tunduk di pertandingan pamungkas, atau
– Manchester City tunduk di dua pertandingan pamungkas, atau
– Manchester City meraih satu kemenangan dan sekali tunduk

Jika City meraih satu kemenangan dan sekali setara, sementara The Gunner memenangi dua pertandingan terakhirnya, The Gunners masih harus mengejar kekalahan selisih gol. Saat ini selisih gol The Gunner tertinggal 5 dari City.

Sementara jika The Gunner tunduk di salah satu laga terakhirnya, maka nyaris dipastikan tak berlaga di Liga Champions musim depan (tergantung hasil laga City dan perbedaan selisih gol akhir). Sedangkan jika meraih W1 D1, Mesut Oezil dkk harus berharap City gagal dapat poin di dua laga terakhir.

Red Devils bisa menjadi tim kelima dari Premier League yang tampil di Liga Champions musim depan. Tapi itu hanya akan terjadi jika mereka menjuarai Liga Europa.

(din/mrp)


NO COMMENTS