London – Petr Cech menanggapi backpass Nacho Monreal saat melawan Sunderland yang nyaris berakibat fatal untuk The Gunner. Meski sempat bingung, Cech lega The Gunner bisa mengatasinya.

The Gunner sempat dibuat frustrasi saat menjamu Sunderland di Emirates Stadium, Rabu (17/5/2017) dinihari WIB. Setelah bermain setara 0-0 di babak pertama, The Gunner nyaris kebobolan di awal babak kedua. Dari area permainan sendiri, Monreal melakukan backpass yang mengarah ke gawang.

Cech yang sedang tidak di posisinya kemudian langsung berupaya menghalau bola. Tak mau mengambil risiko, Cech menghalau bola keluar lapangan dengan tangannya.

Menyusul situasi itu, wasit awalnya menghadiahkan sepak pojok untuk Sunderland. Tapi setelah berdiskusi dengan hakim garis, wasit kemudian memberi tendangan bebas tidak langsung di dalam kotak penalti untuk Sunderland.

Pada akhirnya The Gunner mampu melewati situasi itu tanpa kebobolan. Bola yang diangkat oleh Seb Larsson ke depan gawang langsung dihalau Granit Xhaka dengan sundulan.

“Well, itu salah tendang karena jelas dia ingin mengoper ke arah berbeda. Saya tidak yakin apakah bola akan masuk atau melebar (jika tidak saya sentuh) karena Anda tidak mau mengambil risiko jadi saya menyentuhnya dan membuatnya melebar dari gawang, yang saya pikir akan jadi sepak pojok karena saya tidak menangkap bola dan saya tidak dapat backpass,” ujar Cech seperti dikutip situs resmi klub.

“Saya tidak tahu, banyak hal bisa terjadi! Saya pikir itu salah tendang dan akan jadi sepak pojok, pada akhirnya wasit memutuskan backpass yang merupakan haknya,” lanjut Cech.

“Situasinya jadi sedikit membingungkan karena itu sangat sulit, Anda menghadapinya di garis gawang jadi di mana Anda menempatkan pemain. Saya tahu aturannya mengatakan pemain harus berada 9 meter atau di garis gawang dan pemain ada di mana-mana jadi saya pikir itu adalah situasi yang aneh dan saya harus katakan kami menghadapinya dengan baik dan itu yang paling penting.”

Pada akhirnya The Gunner memetik kemenangan 2-0 atas Sunderland untuk memelihara peluang finis the big four. Dua gol kemenangan The Gunners dibuat oleh Alexis Sanchez.

(nds/mfi)


NO COMMENTS